Kesehatan

10 Ikan Yang Mengandung Merkuri Tinggi, Jauhi Jika Tak Mau Otak Rusak

 Minggu, 03 September 2023, 17:33 WITA

beritabali.com/cnnindonesia.com/10 Ikan Yang Mengandung Merkuri Tinggi, Jauhi Jika Tak Mau Otak Rusak

IKUTI BERITABALI.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Beritabali.com, Nasional. 

Ada banyak ikan yang mengandung merkuri. Apa saja daftarnya?

Ikan adalah salah satu sumber protein terbaik untuk tubuh. Sejumlah ikan juga mengandung lemak sehat yang punya banyak khasiat untuk kesehatan.

Namun, beberapa ikan ditemukan memiliki kadar merkuri dalam tingkat tinggi. Kadar merkuri yang tinggi bisa berubah jadi racun buat tubuh.

Mengutip Healthline, merkuri merupakan logam berat yang ditemukan secara alami di udara, air, dan tanah.

Senyawa ini dilepaskan ke lingkungan melalui beberapa cara, termasuk melalui proses industri seperti pembakaran batu bara atau peristiwa alam seperti letusan.

Manusia dapat terpapar racun merkuri melalui berbagai cara. Salah satunya adalah dengan mengonsumsi ikan dan kerang. Kedua hewan ini dapat menyerap merkuri akibat pencemaran air.

Ikan yang mengandung merkuri

Pada dasarnya, hampir semua ikan mengandung merkuri. Hanya saja, tingkat merkuri yang kecil tak berbahaya bagi kebanyakan orang.

Namun, beberapa ikan mengandung merkuri dalam jumlah tinggi yang dapat berbahaya untuk kesehatan.

Kadar merkuri pada ikan diukur dalam satuan bagian per juta (ppm). Berikut beberapa ikan yang mengandung merkuri tinggi, berdasarkan Food and Drug Administration (FDA).

1. Ikan jabad atau tilefish (1,123 ppm)

Selain buntal, tilefish adalah salah satu ikan yang juga paling berbahaya. Ikan ini mengandung kadar merkuri paling tinggi di antara yang lainnya. Pasalnya, ikan ini memiliki durasi hidup lebih lama dibandingkan ikan kecil lainnya.

2. Ikan todak atau swordfish (0,995 ppm)

Ikan ini memiliki tekstur daging yang tebal, lembut, dan gurih. Ikan ini kerap disajikan dalam bentuk steak.

Di pasaran, ikan ini biasa dijual dalam bentuk fillet yang dibekukan. Ikan ini juga kerap disandingkan dengan ikan dory.

3. Ikan hiu (0,979 ppm)

Ikan hiu jadi salah satu predator laut yang menakutkan. Namun, dalam beberapa budaya, daging ikan hiu juga kerap disajikan dalam hidangan lezat.

4. Ikan king mackarel (0,730 ppm)

Ikan ini berbeda dengan ikan makarel yang biasa ditemukan dalam bentuk kalengan di supermarket. Ikan ini berukuran besar dengan ukuran rata-rata 40 kilogram.

Meski jadi favorit para pemancing, namun ikan ini berbahaya jika dikonsumsi.


Halaman :


Berita Beritabali.com di WhatsApp Anda
Ikuti kami




Tonton Juga :





Trending