search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
Wagub Cok Ace Akui Banyak Wisman Bekerja Ilegal di Bali
Senin, 27 Februari 2023, 18:28 WITA Follow
image

bbn/dok beritabali/Wagub Cok Ace Akui Banyak Wisman Bekerja Ilegal di Bali.

IKUTI BERITABALI.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITABALI.COM, DENPASAR.

Wakil Gubernur Bali Tjok Oka Sukawati atau Cok Ace membenarkan ada banyak wisatawan asing atau turis yang bekerja ilegal di Pulau Bali.

Mereka berkerja ilegal di Pulau Dewata, dengan membuka berbagai jenis jasa. Misalnya, bisnis fotografi, tatto, salon, dan ada juga bekerja mengajari berkendara sepeda motor.

"Kalau fotografi terkait dengan wedding ini sulit sekali. Kadang-kadang ada pasangan (asing) yang melakukan pernikahannya di Bali atau hanya resepsi di Bali mereka biasanya melekat, mengajak fotografer (dari negaranya), karena dia berpikir bahwa hanya fotografer ini (dari negaranya) yang mengerti tentang kulturnya dia," kata Cok Ace, saat ditemui di Gedung DPRD Bali, Senin (27/2).

"Bagaimana angle yang bagus diambil. (Tapi) selama memenuhi syarat perizinan itu kan ada perizinannya membawa alat-alat masuk dan kemudian dia bekerja di Indonesia dan tentu berkoordinasi dengan imigrasi," imbuhnya.

Sementara, terkait warga asing mengajari berkendara sepeda motor kepada sesama warga asing di Bali. Hal itu, menurutnya, ilegal. Wisatawan Rusia dan Ukraina yang biasanya melakukan pekerjaan ilegal tersebut.

Dia juga menyebutkan, hal itu terjadi karena kondisi dunia yang perekonomiannya tidak menentu dan Bali menjadi tempat turis berbisnis. Karena dianggap aman, nyaman dan juga hidup di Bali murah bagi turis.

"(Rusia dan Ukraina) Antara lainnya. Itu sebenarnya juga ilegal terutama sekarang kondisi dunia yang terjadi sekarang di luar negeri dan dibandingkan di Bali aman-aman dan nyaman dan murah-murah saja," ujarnya.

Bahkan, Cok Ace mendengar, banyak juga bule di Bali jualan sayur. Hal ini, katanya perlu ditertibkan.

"Kita harus bergerak. Saya dengar dari laporan di bawah juga banyak mereka bahkan dagang ikut, jual sayur-sayuran ikut, menjual ke teman-temannya, dia mengambil di pasar dia jual ke teman-temannya, ini belum kita tindak," ujarnya.

Sementara, dari penelusuran yang dilakukan sebuah akun di Instagram bernama @moscow _cabang _Bali yang viral, memperlihatkan sebuah aktivitas wisatawan asing yang sedang mengajari sesama warga asing untuk berkendara naik sepeda motor dan diduga bule tersebut mendapat bayaran atas aktivitas tersebut.

Selain itu, akun tersebut juga banyak menscreenshot akun media sosial wisatawan asing di Bali yang menawarkan jasa fotografer, tatto dan juga salon serta lainnya. (sumber: merdeka.com)

Editor: Robby

Reporter: bbn/net



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritabali.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Bali.
Ikuti kami