search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
Xi Jinping Minta Pemerintah Cina Bersiap Hadapi Skenario Terburuk
Kamis, 1 Juni 2023, 14:51 WITA Follow
image

beritabali.com/cnnindonesia.com/Xi Jinping Minta Pemerintah Cina Bersiap Hadapi Skenario Terburuk

IKUTI BERITABALI.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITABALI.COM, DUNIA.

Presiden Cina Xi Jinping meminta para pejabat pemerintah berpikir soal "skenario terburuk" dan "badai" di tengah usaha menghadapi ancaman internal dan eksternal.

"Kerumitan dan kesulitan soal isu keamanan nasional yang kita hadapi sekarang telah meningkat dengan signifikan," kata Xi pada pertemuan dengan Komisi Keamanan Nasional Cina seperti dilansir CNN.

"Kita harus mematuhi pemikiran yang krusial dan skenario terburuk serta bersiap untuk menghadapi ujian besar dari angin kencang dan gelombang besar, dan bahkan lautan badai yang berbahaya," ujarnya menambahkan.

Instruksi dari Xi ini muncul di saat Cina menghadapi serentetan tantangan dari mulai situasi ekonomi serta lingkungan internasional.

Xi mengatakan, Cina harus mempercepat modernisasi sistem keamanan nasional dan kemampuannya. Ia menginginkan sistem tersebut lebih efektif dalam "pertempuran sesungguhnya dan pemakaian sehari-hari."

Politisi berusia 69 tahun tersebut juga ingin Cina mendorong pembangunan pemantauan risiko keamanan nasional dan sistem peringatan dini, peningkatan pendidikan keamanan nasional dan manajemen keamanan data dan kecerdasan buatan (AI).

Sejak berkuasa satu dekade lalu, Xi telah menjadikan keamanan nasional sebagai paradigma utama yang menembus semua aspek pemerintahan Cina, kata para ahli.

Dia telah memperluas konsep keamanan nasional untuk mencakup segala hal mulai dari politik, ekonomi, pertahanan, budaya, dan ekologi hingga dunia maya. Kemudian hal tersebut meluas dari laut dalam dan daerah kutub ke luar angkasa, serta big data dan kecerdasan buatan.

Gagasan "keamanan nasional yang komprehensif" yang diusung Xi juga membuat Cina memperkenalkan serangkaian undang-undang untuk melindungi dirinya dari ancaman yang dirasakan, termasuk undang-undang tentang kontra-terorisme, kontra-spionase, keamanan dunia maya, organisasi non-pemerintah asing, intelijen nasional, dan keamanan data.

Belakangan ini, hubungan Cina dan Amerika Serikat (AS) tengah memanas antara lain karena soal Taiwan dan Laut Cina Selatan (LCS). Terkini, China menuding pesawat pengintai Amerika Serikat sengaja masuk ke area di mana militer Negeri Tirai Bambu sedang latihan di Laut Cina Selatan (LCS) pada pekan lalu.

Juru bicara Komando Pangkalan Timur Selatan Cina menyatakan pesawat RC-135 melintas pada 26 Mei, saat pasukan Angkatan Laut mereka sedang latihan rutin di LCS.

"Kami sungguh-sungguh mendesak pihak AS secara efektif menahan kekuatan di garis depan laut dan udara," kata jubir itu dalam pernyataan resmi yang dikutip Reuters pada Rabu (31/5).(sumber: cnnindonesia.com)

Editor: Juniar

Reporter: bbn/net



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritabali.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Bali.
Ikuti kami