search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
Dua Sekehe Gong Kota Denpasar Siap Tampil
Senin, 21 Mei 2007, 16:33 WITA Follow
image

kabarnusa.com

IKUTI BERITABALI.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITABALI.COM, DENPASAR.

Sekeha Gong Dharma Duta Laksana dari Br. Kepisah Kel. Pedungan untuk kelompok dewasa dan Sekeha Gong Sida Gita Karya dari banjar Dukuh Mertajati Desa Sidakarya untuk kelompok anak-anak tampil sebagai duta Kota Denpasar dalam menyambut PKB yang ke 29 tahun 2007.

Bertempat di jaba Pura Dalem Kepisah hari ini Senen (21/5) dinilai oleh tim pembina dari Tk. I Bali yang dipimpin langsung bapak Made Santha, SE.Msi. Dengan menampilkan tabuh kreasi, tari legong kraton dan dolanan sekeha Gong Sida Gita Karya mampu menghipnotis para penonton.

Tari legong kraton yang oleh kalangan seniman dikatakan tarian yang peling sulit dibawakan karena disini unsur stamina, kelenturan, karakter dan penjiwaan harus menyatu serta berjalan harmonis dengan para penabuh

Ternyata oleh anak-anak Kota Denpasar mampu dibawakan dengan enteng dan penuh penjiwaan demikian dikatakan ketua tim pembina Made Santha usai menyaksikan penampilan anak-anak dari Sidakarya ini.

A.A. Putra selaku koordinator lebih jauh mengungkapkan kendala yang kami hadapi dalam persiapan ini adalah
waktu yang agak terbatas karena bertepatan dengan masa ujian anak-anak sehingga kami tidak bisa melakukan persiapan secara maksimal namun dari waktu yang tesisa ini kami akan mengintensifkan lagi jadwal latihan.

Berbeda dengan tim dewasa yang membawakan gending lelambatan dan tabuh
kreasi tampil cukup percaya diri. Palewakya merupakan tari yang menjadi
primadona dalam pementasan kali ini. Oleh Ngurah Supartama pria kelahiran
lumintang ini nyaris sempurna membawakan tarian ini. Mengingat faktor
kesulitannya sangat tinggi yaitu dibutuhkan stamina yang prima kemudian
kemampuan olah vokal dan kemampuan dalam memainkan nada-nada trompong
menjadikan tarian ini begitu harmonis.

Usai pementasan Santha selaku ketua pembina dari Tk. I Bali menyampaikan bahwa dari enam kabupaten yang didatangi hanya Kota Denpasar yang dikatakan paling siap. Dan secara
keseluruhan duta Kota Denpasar sudah tampil sangat bagus hanya perlu pembenahan sedikit terutama waktu jangan sampai lewat dari batas waktu yang telah ditentukan dan bagi penari agar lebih ekspresif lagi dalam membawakan tariannya. Hadir pada acara pembinaan tersebut Walikota Denpasar Puspayoga serta ibu Bintang Puspayoga, Asisten, Kadis Perindag,
Kabag Kesra, Camat Densel, Lurah, Pembina dan masyarakat.

Reporter: bbn/gus



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritabali.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Bali.
Ikuti kami