search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
Bola Api Berubah Wujud Keris dan Mirah Cempaka
Kamis, 4 Oktober 2007, 19:37 WITA Follow
image

Beritabali.com

IKUTI BERITABALI.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITABALI.COM, GIANYAR.

Sekitar 150 orang pemedek yang sedang melakukan persembahyangan, dipimpin oleh Jero Mangku Puspa dan Jero Mangku Cemadik dihebohkan dengan munculnya sebuah bola api dari toples tempat tirta (air suci-red) yang terletak di pengaruman Jeroan Puri Dalem Tarukan, Rabu (04/10).

Menyikapi fenomena gaib itu, Jro Mangku Puspa kemudian mengambil toples yang menyala seperti bara api tersebut untuk diperlihatkan kepada pemedek yang tangkil. Ketika diturunkan dari pengaruman, toples masih menyala sekitar 15 menit, setelah cahayanya meredup tampak terlihat dua buah benda asing yakni sebilah keris Luk Pitu (7 Liukan) dan sebutir Permata Mirah Cempaka.

Setelah memperlihatkan kedua benda gaib tersebut kepada semua pemedek, Jro Mangku kemudian menempatkannya kembali di pengaruman dan diikuti dengan persembahyangan. Kejadian aneh kembali terjadi, ketika Jero Mangku Puspa mengatakan bahwa permata gaib itu masih di pengaruman, tapi keris tersebut telah pindah ke meru tumpang 11 dengan sendirinya.

Fenomena gaib tersebut ternyata sempat terekam oleh kamera ponsel milik salah seorang pemedek. Dari rekaman tersebut, terlihat 2 bola api yang saling berkejaran melayang di udara dan akhirnya menyatu.

Cahaya bola api itu kemudian membuat toples tempat tirta tersebut menyala.

Kejadian serupa juga terjadi beberapa hari sebelumnnya, dimana sepasang naga di pengaruman mengeluarkan semburan api dan menganugrahkan sebuah benda Batu Makocok (Batu Berbunyi-red).

Dan seperti diketahui bahwa saat ini Pura Dalem Tarukan, Pejeng, Tampaksiring digelar Karya Mamungkah, Ngenteg Linggih, dan Mapadudusan Agung. 

Reporter: bbn/ctg



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritabali.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Bali.
Ikuti kami