search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
Aplikasi Teknologi Tingkatkan Hasil Pertanian
Selasa, 30 Oktober 2007, 17:14 WITA Follow
image

Beritabali.com

IKUTI BERITABALI.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITABALI.COM, DENPASAR.

Aplikasi teknologi informasi dan komunikasi dalam pembangunan bukan hanya untuk bidang pendidikan dan kesehatan semata. Namun juga bisa diterapkan dalam bidang pertanian dan kelautan.

 


Salah satunya dengan melengkapi kelompok nelayan dengan alat memonitor pergerakan ikan (fish finder) dan GPS (global positioning system). Kedua alat teknologi informasi dan komunkasi (TIK) ini dapat membantu nelayan tradisional untuk menemukan daerah yang ikannya banyak,jelas Wakil Walikota Denpasar IB Rai Dharmawijaya Mantra saat menyerahkan bantuan 8 unit perahu dan mesin tempel serta alat navigasi tersebut kepada 4 kelompok nelayan di Pantai Matahari Terbit Selasa (30/10).

Keempatnya adalah Kelompok Mina Sari Asih Desa Sanur Kaja, Astitining Segara dan Pica Segara Desa Sanur Kauh serta Kelompok Segara Guna Batu Lumbang Desa Pemogan.



Penerapan teknologi tinggi juga dilaksanakan pada kelompok petani Swaka Guna Sejahtera. Kelompok petani di Br Pondok Desa Peguyangan Kaja ini menggunakan teknologi hidroponik dalam green house. “Green house dapat meminimalisir hama dan penyakit sehingga mengurangi pemakaian insektisida, jelas Kadistanlut Udiarsha.

 
Teknik ini dapat menghemat biaya produksi sedangkan hasilnya bisa optimal dan bernilai jual lebih tinggi karena minim bahan non organik, tegas pria berkumis ini.
Wawali Rai D. Mantra berharap penerapan teknologi pada pertanian dapat meningkatkan hasil/produksi petani. “Dengan demikian kesejahteraan petani dan nelayan akan semakin meningkat,jelas Ketua Dewan Pembina BPD HIPMI Bali ini.

Reporter: bbn/ctg



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritabali.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Bali.
Ikuti kami