search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
1 Juta Anak Hidup di Jalanan
Senin, 3 Januari 2011, 14:28 WITA Follow
image

images.google.com

IKUTI BERITABALI.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITABALI.COM, DENPASAR.

Tercatat sekitar satu juta anak di Indonesia hingga kini hidup dijalanan sebagai gelandangan dan pengemis. Dimana anak-anak tersebut sebagian besar berasal dari keluarga miskin. Hal tersebut disampaikan Menteri Negara pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak Linda Amalia Sari Gumelar usai melakukan penanaman pohon di Desa cengkilung Denpasar, Senin (3/1).

Menurut Linda Gumelar, alasan kemiskinan masih menjadi alasan klasik penanganan terhadap anak-anak jalanan di Indonesia. Padahal pemerintah telah menargetkan bahwa pada 2014 mendatang Indonesia bebas dari anak jalanan.

Namun permasalahannya saat ini orang tua dari keluarga miskin sering menjadikan anak sebagai komoditi sehingga anak tersebut menjadi anak jalanan. "Kadang-kadang justru orang tuanya yang membawa anaknya ke jalanan. Kami mencoba mengambil kembali dan mengembalikannya ke panti," ujar Linda Gumelar

Menteri Negara pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak Linda Amalia Sari Gumelar menyebutkan perlu pendampingan secara psikologis untuk mengembalikan anak-anak jalanan tersebut ke sekolah sehingga target Indonesia bebas anak jalanan pada 2014 dapat terealisasi. Selain itu pemerintah juga telah mengembakan program kota layak anak, dimana ditargetkan pada 2014 mendatang terdapat 100 kota layak anak.

Reporter: bbn/mul



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritabali.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Bali.
Ikuti kami