search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
Acara Kidung Interaktif Radio dan TV Didominasi Wanita
Kamis, 13 Desember 2012, 23:31 WITA Follow
image

dasarbali.wordpress.com

IKUTI BERITABALI.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITABALI.COM, DENPASAR.

Hasil Penelitian Fakultas Sastra Universitas Udayana menunjukkan adanya  dominasi  partisipasi wanita dalam acara kidung interaktif radio dan televisi di Bali. Kidung Interaktif merupakan sebuah program acara dimana pendengar radio atau pemirsa televisi menelphon ke studio untuk menunjukkan kemampuannya melantunkan kidung dan presenter di studio memberikan arti dari kidung yang ditembangkan.

Peneliti dari Fakultas Sastra Universitas Udayana Prof. Dr. Nyoman Darma Putra pada keteranganya di Denpasar mengungkapkan dari hasil penelitian yang dilakukan sejak Februari 2011 hingga Juni 2012 menunjukkan bahwa dari 300 peserta kidung interaktif di TV tercatat 64 persen wanita dan dari 5400 peserta kidung interaktif di radio 51,6 persen wanita. K

ondisi ini terjadi diperkirakan akibat munculnya gerakan feminism di tingkat global. “feminisme di Indonesia telah mengembangkan wacana kesetaraan gender, kemudian alokasi keterwakilan wanita di parlemen  dan politik yang sempat muncul dan adanya sejumlah peraturan , termasuk undang-undang yang member kesempatan pada kesetaraan gender” papar Prof. Dr. Nyoman Darma Putra. Darma Putra menambahkan sebelum era-globalisasi kegiatan menembangkan lagu-lagu kidung hanya dilakukan oleh kaum pria.

 

Namun dengan berkembangnya media radio dan televisi, serta kemunculan presenter wanita menjadi pemicu bagi wanita Bali untuk berpartisipasi dalam acara kidung interaktif di radio dan televisi di Bali. 

Reporter: bbn/mul



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritabali.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Bali.
Ikuti kami