search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
Dilantik Mendagri, Mangku Pastika Kembali Pimpin Bali
Kamis, 29 Agustus 2013, 13:22 WITA Follow
image

beritabali.com/ist

IKUTI BERITABALI.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITABALI.COM, DENPASAR.

Beritabali.com, Denpasar. Setelah unggul dalam pilgub 15 Mei 2013 lalu, Made Mangku Pastika dan Ketut Sudiketa hari ini dalam Sidang Paripurna DPRD Bali resmi dilantik menjadi Gubernur dan Wakil Gubernur Bali periode 2013-2018.

Pelantikan pasangan yang dipopulerkan dengan paket Pastikerta dipimpin Ketua DPRD Bali Anak Agung Ngurah Oka Ratmadi. Pelantikan Gubernur Bali itu atas nama Presiden Susilo Bambang Yudhoyono melalui Menteri Dalam Negeri, Gamawan Fauzi melantik dan mengambil sumpah mantan Kapolda Bali dan mantan Wakil Bupati Badung tersebut.

Proses pelantikan dan pengambilan sumpah gubernur incumbent berjalan lancar tanpa ada gangguan berarti dan disaksikan ratusan tamu undangan termasuk Menteri Perikanan dan Kelautan Cicip Sutarja, Menteri Kesehatan Nafsiah Mboy, dan Sekjen DPP Partai Demokrat Eddie Baskoro Yudhoyono.

Dalam sambutan pada pelantikan itu, Mendagri Gamawan meminta masyarakat bahu membahu membangun Bali yang dikenal sebagai destinasi pariwisata dunia. Ia juga meminta agar semua perbedaan afiliasi dalam proses pilkada hendaknya sekarang ditanggalkan demi membangun Bali ke depan yang lebih baik.

"Pemerintah dan masyarakat Bali hendaknya bersama-sama membangun Bali yang berlandaskan pada tiga hal dasar Tri Hita Karana atau keseimbangan hubungan manusia, Tuhan dan lingkungan," pintanya, Kamis (29/8/2013).

Sambutan Gamawan, lebih banyak menyampaikan keberhasilan kepemimpinan Pastika. Menurutnya, ada beberapa indikator keberhasilan pembangunan lima tahun terakhir saat Pastika pimpin Bali, antara lain pencapaian angka pertumbuhan ekonomi hingga 6,7 persen, indek pembangunan manusia, penurunan angka kemiskinan dan pengangguran hingga peningkatan APBD.

Di masa Pastika pimpin Bali, Gamawan menyebut penangguran berhasil diturunkan dari 4,4 persen menjadi 2,2 persen sehingga dan menempatkan Bali sebagai deerah dengan angka pengangguran terendah di Indonesia.

"Semua itu cukup menggembirakan mengingat  Bali bukan dikenal sebagai daerah yang memiliki kekayaan sumber daya alam melimpah seperti pertambangan atau perkebunan sebagaimana daerah lainnya di Tanah Air. Tuhan Maha Adil menganugerahkan Bali dengan kekayaan alam yang lebih indah sehingga mampu menarik wisatawan domestik apalagi wisatawan asing untuk datang ke Bali," paparnya.

Gamawan memuji dan menilai jika Pastika adalah Gubernur Bali yang telah berhasil mensejahterakan masyarakat Bali sehingga perlu kembali melanjutkan pengabdian membangun Bali. Gamawan juga menyampaikan pula apresiasi dan terima kasihnya kepada Wakil Gubernur Anak Agung Ngurah Puspayoga atas pengabdiannya selama ini mendampingi Pastika.

"Pemimpin Bali kedepan juga harus mampu menghadapi tantangan seperti menciptakan pemerataan pembangunan di wilayah Bali Selatan, Utara, Timur dan Barat," harapnya.

Puspayoga yang sebelumnya menjadi pendamping Pastika menjadi Wakil Gubernur dan pada pilgub 15 Mei lalu bersebrangan dan bertarung sebagai cagub lawan Pastika tampak tidak hadir dalam acara pelantikan. Hanya, mantan Cawagub pendamping Puspayoga, yakni Dewa Nyoman Sukrawan yang menjabat Ketua DPRD Buleleng terlihat menghadiri pelantikan yang dijaga ektra ketat tersebut. (dws)

Reporter: -



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritabali.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Bali.
Ikuti kami