search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
KPK Minta Anas Segera Serahkan Bukti Peran Ibas
Kamis, 6 Februari 2014, 08:46 WITA Follow
image

inilah.com

IKUTI BERITABALI.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITABALI.COM, NASIONAL.

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) minta Anas Urbaningrum segera serahkan bukti peran Sekjen Partai Demokrat Edhie Baskoro Yudhoyono (Ibas) di kasus Hambalang. KPK meminta peranan itu dijelaskan soal kaitan pendanaan kongres Partai Demokrat yang bersumber dari proyek Hambalang. "Ya memang seharusnya begitu (diserahkan). Jangan menyembunyikan fakta apapun untuk bisa membongkar kasus ini setuntasnya dan jangan kemudian hanya menjanjikan tapi hanya terus berjanji," ujar Wakil Ketua KPK, Bambang Widjojanto di Gedung KPK, Jakarta Selatan, Rabu (5/2/2014).

Menurutnya, KPK akan segera memproses bukti soal keterlibatan Ibas di proyek Hambalang. Namun semuanya tergantung Anas mau atau tidak menyampaikan bukti tersebut. "Kalau memang ada segera serahkan jangan sampai itu berpolemik. Penyidik akan mengembangkan lebih lanjut sesuai dengan fakta-fakta yang diterima," terangnya.

Bambang mengatakan, pimpinan KPK selalu mendapatkan laporan dari penyidik soal perkembangan kasus Hambalang dengan tersangka Anas Urbaningrum. Namun hingga kini laporan penyidik soal pemeriksaan Anas belum masuk pada substansi kasusnya. "Hari ini saya dengar dari teman-teman sudah masuk tugas dan fungsi. Jadi kalau kemarin baru biodata, jadi masih mendasar. Jadi belum sampai materi yang akan dirumuskan dalam dakwaan," tandasnya.

Sebelumnya, Anas Urbaningrum memiliki bukti kuat peranan Sekjen Partai Demokrat Edhie Baskoro Yudhoyono (Ibas) sebagai Steering Comite (SC) Kongres Partai Demokrat di Bandung tahun 2010. Bahkan Anas mengetahui proses pendanaan kongres yang dikelola oleh Ibas. "Kaitan dengan SC itu fungsi penyelenggaraan dan pendanaannya," ujar kuasa hukum, Anas Urbaningrum, Firman Wijaya di Gedung KPK, Jakarta Selatan, Rabu (5/2/2014).

Menurutnya, Anas memiliki bukti kuat soal tugas Ibas dalam kongres Partai Demokrat. bukti itu mengenai proses pendaan yang dikelola oleh Ibas.

"Itu Mas Anas akan jelaskan. Nanti ada fakta yang agak menarik. Minta waktunya saja, nanti. Karena itu (fakta) bisa berupa foto," ungkapnya.

Reporter: bbn/net



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritabali.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Bali.
Ikuti kami