search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
Menteri Pariwisata Jadikan Sanur Sebagai Kampung UKM Wisata Digital
Selasa, 25 Agustus 2015, 08:20 WITA Follow
image

tripadvisor.com/bbn

IKUTI BERITABALI.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITABALI.COM, DENPASAR.

Beritabali.com, Denpasar. Pemerintah melalui Kementerian Pariwisata akan meresmikan Sanur sebagai kampung wisata digital dan etalase usaha kecil menengah (UKM) pertama di Indonesia melalui ajang Sanur Village Festival (SVF).
 
"Menteri Pariwisata akan meresmikan kampung wisata UKM digital sebelum membuka Sanur Village Festival ke-10, pada Rabu 26 Agustus nanti," ujar Ketua Yayasan Pembangunan Sanur, Ida Bagus Gede Sidharta Putra, dalam keterangan Dasa Warsa SVF, Senin (24/8/2015).
 
Pria yang akrab disapa Gusde itu menyatakan dipilihnya Sanur oleh oleh pemerintah melalui Kementerian Pariwisata karena dinilai berhasil memberdayakan berbagai potensi masyarakat, termasuk UKM melalui ajang Sanur Village Festival.
 
"Selain alam dan lingkungan, Sanur memiliki kekayaan seni, budaya, dan karakteristik masyarakat pesisir yang energik, dinamis, kreatif, namun juga adaptif masuknya budaya dari luar," jelasnya.
 
 
Gusde mengungkapkan peluncuran kampung wisata UKM digital akan dilakukan di Pasar Sindu. Menurutnya, Pasar Sindu di Sanur itu telah direvitalisasi 5 tahun lalu itu akan dilengkafi Wifi gratis yang memudahkan pelaku UKM mengakses internet untuk menunjang kegiatan pelaku UKM menembus pasar global.
 
"Secara bertahap fasilitas dan infrastruktur bakal melengkapi program sehingga menjadikan Sanur sebagai etalase UKM nasional baik secara produksi, promosi, maupun pemasaran. Program ini didukung Kementerian Koperasi dan UKM yang ikut menggembleng UKM agar memenuhi kompetensi sehingga dapat bersaing secara internasional," ungkapnya.
 
Gusde mengaku, selain meluncurkan kampung UKM wisata digital, Menteri Pariwisata Arief Yahya akan melepas tukik sebagai bagian pelestarian lingkungan. Menteri Arief juga menghadiri talkshow bagaimana pelaku UKM wisata perlu membekali diri dengan keterampilan mengakses dunia digital.
 
"Dasa Warsa Sanur Village Festival yang dibuka langsung oleh Menteri Pariwisata akan berakhir hingga 30 Agustus mendatang," pungkasnya.[bbn/dws]

Reporter: bbn/net



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritabali.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Bali.
Ikuti kami