search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
Mensos Idrus Marham Pastikan Kebutuhan Pengungsi Gunung Agung Terjamin
Sabtu, 7 Juli 2018, 18:45 WITA Follow
image

beritabali.com/ist

IKUTI BERITABALI.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITABALI.COM, KARANGASEM.

Beritabali.com,Karangasem. Sesuai Pesan dari Presiden RI, Joko Widodo yang disampaikan oleh Menteri Sosial Republik Indonesia, Idrus Marham untuk memastikan seluruh kebutuhan dasar pengungsi terutama dalam hal makanan harus benar-benar terjamin. Hal ini disampaikannya kepada awak media ketika mengunjungi Pos Pemantauan Gunung Api Agung Rendang, Karangasem. Sabtu (07/07).
 
[pilihan-redaksi]
"Sesuai Pesan Presiden yang mengatakan agar dipastikan segala kebutuhan dasar masyrakat pengungsi seperti makanan harus dijamin oleh pemerintah," ujarnya
 
Untuk itu, kemensos meminta kepada pemerintah Kabupaten Karangasem supaya betul betul memonitor segala perkembangan dan kebutuhan para pengungsi.
 
Kemensos sendiri, hari ini menyerahkan bantuan senilai Rp156 juta kepada pemerintah Kabupaten Karangasem dimana sebelumnya pada tahun 2017 dari Kemensos sendiri sudah mengelontorkan dana bantuan sekitar Rp8,2 Miliar. Namun dikatakan Idrus, jumlah itu bukanlah yang terpenting, yang paling penting adalah jaminan bahwa kebutuhan dasar para pengungsian dapat dipenuhi seperti makanannya beras dan lauk, pakaian, selimut, tenda serta obat-obatan itu yang paling penting.
 
Sementara itu, untuk logistik digudang posko induk sesuai yang dikatakan oleh Sekda Kabupaten Karangasem kepada Mentri Idrus bahwa saat ini logistik masih mencukupi.  Meski demikian, Idrus Marham tetap mengintruksikan agar secepatnya kirim rincian kebutuhan yang diperlukan.
 
"Yang perlu kita lakukan adalah proyeksi ke depan, sehingga diperlukan tambahan berapa kebutuhan, untuk itu Kementrian Sosial tinggal menunggu surat dari Bupati. Kita pastikan akan mengisi gudang yang ada untuk antisipasi segala kemungkinan yang bisa terjadi," tegasnya.
 
[pilihan-redaksi2]
Kedatangannya ke Pos Pemantauan Gunung Agung yang berada di Kecamatan Rendang, Kabupaten Karangasem, Bali ini disambut langsung oleh Kasubid Mitigasi Gunung Api Wilayah Timur, Devi Kamil Syahbana. Setibanya dipos pemantauan, Menteri Idrus langsung diajak melihat-lihat serta dijelaskan terkait kondisi perkembangan aktivitas Gunung Agung agung saat ini.
 
Menurut Idrus Marham usai mendapat penjelasan terkait aktivitas Gunung Agung, sesuai dengan penjelasan dari PVMBG, saat ini perkembangan aktivitas Gunung Agung saat ini belum terlalu menghawatirkan. Kendati demikian, yang perlu dilakukan saat ini yaitu pola komunikasi yang cepat untuk berkordinasi dengan masyarakat, serta mempersiapkan segala kemungkinan yang ada.
 
Di sisi lain, terkait himbauan agar para pengungsi yang berasal dari luar zona bahaya yang ditetapkan PVMBG oleh Menteri ESDM beberapa hari lalu, Idrus Mahram mengatakan soal masalah pulang itu kewenangan ESDM melalui PVMBG, sementara Kewenangan Kemensos adalah untuk kebutuhan logistik untuk para pengungsi. (bbn/igs/rob)

Reporter: -



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritabali.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Bali.
Ikuti kami