search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
Masyarakat Desa Geluntung Arak Kain Merah Putih Sepanjang 73 Meter
Minggu, 12 Agustus 2018, 15:35 WITA Follow
image

beritabali.com/ist

IKUTI BERITABALI.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITABALI.COM, TABANAN.

Beritabali.com,Tabanan. Masyarakat Desa Geluntung Kecamatan Marga, Tabanan mengarak kain merah putih sepanjang 73 meter dalam acara jalan santai memeriahkan Hut RI ke-73. 
 
[pilihan-redaksi]
Jalan santai mengelilingi Desa Geluntung itu  diikuti ratusan warga dimulai sejak pagi pukul 07.00 Wita hingga selesai Minggu ( 12/8/2018). Rute jalan santai mulai start dari depan Kantor Desa Geluntung ke utara menuju Banjar Uma Bali, berlanjut menuju Banjar Pucuk Desa Payangan, lalu menembus di Geluntung Kelod dan finis di Lapangan Desa Geluntung.
 
Kendati hujan, Namun tidak menyurutkan niat warga ikuti jalan santai. Ada ratusan warga Desa Geluntung yang ikut berbaur membentangkan kain merah putih sepanjang 73 meter memperingati hari 17 Agustus 2018 mendatang. Mereka tergabung dalam 4 banjar satu desa, yakni Banjar Umabali, Banjar Kikik, Banjar Geluntung Kaja dan Banjar Geluntung Kelod. 
 
Perbekel Desa Geluntung, I Putu Ginarsa Wiranjaya menjelaskan, kain merah putih sepanjang 73 meter ini dibentangkan merupakan wujud kecintaan tanah air dari warga Desa Geluntung. Makna dari 73 meter ini adalah mencirikan jika peringatan hari 17 Agustus 1945 tahun 2018 adalah yang ke 73. 
 
[pilihan-redaksi2]
"Jadi dari kain sebelumnya kami tambah lagi satu meter sehingga menjadi 73 meter. Dan ini akan terus menyambung," ungkapnya.
 
Mengarak kain merah putih ini merupakan konsep dari Karang Taruna Desa Geluntung bersama Sekaa Teruna-Teruni yang ada di masing-masing banjar. Tujuan untuk menyambut kemerdekaan Republik Indonesia mendatang. "Ini tidak bendera yang kami arak, tetapi kain merah putih yang panjangnya 73 meter dan lebarnya 1 meter," terangnya. 
 
Setelah jalan santai berbagai kegiatan lain digelar di Lapangan Desa Geluntung yakni sepak bola memakai sarung, tarik tambang, lomba ngulat timpat, lomba junjung botol, lomba bakiak, dan lomba lari karung. (bbn/nod/rob) 

Reporter: bbn/nod



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritabali.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Bali.
Ikuti kami