search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
Kidung Warga Sari Sebagai Terapi Tambahan Penanganan Hipertensi Pada Lansia
Selasa, 4 September 2018, 06:07 WITA Follow
image

Muliarta

IKUTI BERITABALI.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITABALI.COM, DENPASAR.

Beritabali.com, Denpasar. Kidung warga sari terbukti dapat digunakan sebagai terapi tambahan dalam penanganan hipertensi pada warga lanjut usia (lansia). Kidung yang berirama lembut saat didengarkan akan membawa perasaan kearah ketenangan. Demikian teruangkap dalam artikel berjudul “Pengaruh Budaya Bali Kidung Warga Sari Terhadap Tekanan Darah Pada Lansia di Banjar Celuk Desa Dalung Badung” yang di publikasikan dalam Jurnal Dunia Kesehatan, Volume 5 Nomor 2 Tahun 2016.

Peneliti I Wayan Artana dari Program Studi S1 Keperawatan, STIKES Bina Usada Bali memberikan analisis bahwa pengaruh kidung warga sari terhadap tekanan darah lansia memperlihatkan ada perbedaan signifikan antara tekanan darah sistolik lansia sebelum diberikan kidung warga sari dengan setelah diberikan kidung warga sari. Begitu juga tekanan darah diastolic memperlihatkan hal yang sama.

Penelitia yang dilaksanakan di Banjar Celuk Desa Dalung Badung pada bulan April hingga Mei 2016 melibatkan 39 orang dengan usia 60-74 tahun yaitu 32 orang (82,1%), dan usia 75-90 tahun sebanyak tujuh orang (17,9%). Perlakuan nyanyian Kidung warga Sari diberikan 4 kali dalam seminggu selama 1 bulan. Dengan setiap sesi bernyanyi kidung diulang sebanyak 2 kali.

Peneliti memberikan ulasan bahwa tekanan darah juga dipengaruhi oleh keadaan emosi seseorang, karena emosi akan mengakibatkan dikeluarkannya hormone-hormone yang dapat mempengaruhi tekanan darah. keadaan emosi yang waspada akan merangsang dikeluarkannya hormone yang dapat meningkatkan tekanan darah, sedangkan keadaan emosi yang senang, tenang akan merangsang dikeluarkannnya hormone yang menyebabkan relaksasi. kidung warga sari merupakan suatu nyanyian yang bila dinyanyikan dengan penuh khidmat akan membuat suasana hati yang damai, tenang, bahkan gembira.

Bali mempunyai pertumbuhan lansia rata rata sebesar 1,8 persen per tahun. Pada tahun tahun 2015 jumlah lansia di Bali lebih kurang 432.000 orang (11,4%). Kabupaten Badung, pada tahun 2014 jumlahpenduduknya sebesar 309.300 jiwa, dimana jumlah lansia mencapai 40.589 orang.[bbn/duniakesehatan/mul]

Reporter: bbn/mul



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritabali.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Bali.
Ikuti kami