search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
Pola Asuh dan Lingkungan Berpengaruh Pada Prilaku Konsumsi Minuman Beralkohol Dikalangan Remaja
Sabtu, 15 September 2018, 09:00 WITA Follow
image

istimewa

IKUTI BERITABALI.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITABALI.COM, GIANYAR.

Beritabali.com, Gianyar, Faktor Pola asuh orang tua dan lingkungan menjadi faktor yang berpengaruh signifikan terhadap prilaku mengkonsumsi minuman beralkohol dikalangan remaja. Faktor lainnya yang juga memiliki pengaruh cukup signifikan yaitu tingkat pengetahuan, sikap dan factor temen sebaya. Hal tersebut terungkap dalam sebuah artikel ilmiah dengan judul “Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Tingginya Konsumsi Alkohol Pada Remaja Putra di Desa Keramas Kecamatan Blahbatuh Kabupaten Gianyar” yang di publikasikan dalam Jurnal Dunia Kesehatan Volume 5, Nomor 2 Tahun 2016.

Dalam penelitian yang dilakukan oleh I Putu Artha Wijaya dari Pogram Studi S1 Keperawatan, STIKES Bina Usada Bali terungkap bahwa pola asung orang tua sangat berpengaruh karena pengalaman masa kecil dari seseorang akan sangat mempengaruhi perkembangan kepribadian (karakter atau kecerdasan emosinya). Dimana pola asuh orang akan mempengaruhi perkembangan emosi, perilaku, sosial kognitif, dan kesehatan fungsi psikologisnya ketika anak dewasa kelak.

Dalam penelitian yang menggunakan pendekatan cross sectional selama Maret sampai dengan Mei 2016 juga terungkap bahwa pengetahuan merupakan suatu hal yang sangat dibutuhkan dalam rangka perubahan pola pikir dan perilaku pada suatu kelompok atau masyarakat. Remaja yang kurang mendapat pengetahuan cenderung akan lebih mudah terpengaruh untuk mengkonsumsi alkohol, mereka tidak menyadari dampak yang dapat ditimbulkan jika mengkonsumsi alkohol secara terus-menerus.

Dalam analisisnya peneliti juga menuliskan bahwa lingkungan adalah salah satu faktor yang mempengaruhi terhadap pembentukan dan perkembangan perilaku individu, baik lingkungan fisik maupun lingkungan sosio-psikologis, termasuk didalamnya adalah belajar. Lingkungan merupakan keadaan sekitar yang sangat mempengaruhi perkembangan dan tingkah laku makhluk hidup.

Lingkungan dapat membentuk perilaku dan bisa pula merubah perilaku sesorang. Daerah dengan kondisi lingkungan yang negatif, akan sangat mempengaruhi sikap dan prilaku remaja.[bbn/jurnal dunia kesehatan/mul]

Reporter: bbn/mul



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritabali.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Bali.
Ikuti kami