search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
Upacara Tumpek Kandang Dimaknai Sebagai Permohonan Keselamatan bagi Satwa
Sabtu, 16 Maret 2019, 20:20 WITA Follow
image

beritabali.com/ist

IKUTI BERITABALI.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITABALI.COM, GIANYAR.

Beritabali.com, Gianyar. Masyarakat di Bali mengelar upacara Tumpek Kandang tepat pada Sabtu (16/3) hari ini. Tumpek Kandang merupakan upacara mohon keselamatan untuk binatang-binatang seperti binatang yang disembelih dan binatang peliharaan. 
 
[pilihan-redaksi]
Hakekatnya pada rahina ini adalah untuk memuja Ida Sang Hyang Widhi yang bermanifestasi sebagai Sang Hyang Siwa Pasupati yang disebut Rare Angon, penggembala makhluk. Dalam prakteknya proses upacara ini seperti dilakukan di salah satu destinasi pariwisata di Desa Lebih, Gianyar, Bali yaitu Bali Safari. 
 
Operasion Manager Bali Safari, Ketut Suardana mengatakan pelaksanaan upacara dilakukan guna memberi suatu keselamatan kepada satwa khususnya untuk satwa di Bali Safari, setiap enam bulan sekali.
 
"Kami di Bali Safari, setiap enam bulan sekali melaksanakan perayaan Tumpek Kandang. Karena, kami sebagai lembaga konservasi memiliki sekitar puluhan spesies, serta ribuan individu satwa. Diharapkan, melalui upacara ini, kami memohon kepada Tuhan yang maha esa agar satwa-satwa yang ada diberi kesehatan dan keselamatan," jelasnya sembari menambahkan usai prosesi upacara, seluruh binatang nantinya akan dipercikan tirta (air suci). (bbn/aga/rob)

Reporter: bbn/aga



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritabali.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Bali.
Ikuti kami