search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
Jejak Hubungan Tionghoa-Bali di Desa Pinggan Kintamani (2)
Minggu, 15 Desember 2019, 18:25 WITA Follow
image

beritabali.com/ist

IKUTI BERITABALI.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITABALI.COM, DENPASAR.

Komunitas Tionghoa di Kintamani tidak hanya dapat dilihat pada Bangunan suci di Pura Batur, namun orang-orang Tionghoa di Kintamani telah banyak yang berbaur dengan penduduk lokal dalam berbagai aktivitas sosial, budaya, dan teologis atau religius. Aktivitas mereka tidak hanya dalam bidang ekonomi sebagaimana di gambarkan di atas, namun telah ikut menjadi petani biasa, seperti kehidupan orang Tionghoa di Desa Catur Kintamani sehingga penduduk setempat sering menyebut Tionghoa Bali. 

Keberadaan Tionghoa pada Masyarakat Kintamani memiliki kesatuan masyarakat tersendiri, bahkan berdasarkan penuturan orang Kintamani, beberapa daerah di Kintamani berasal dari bahasa Tionghoa, seperti Pinggan (baca: Ping An). Songan (baca: Song An) dan sebagainya. 

Berdasarkan paparan di atas, sungguh suatu hal yang sangat menarik adalah hubungan sosial antara komunitas Tionghoa dengan Desa Pakraman tampak harmonis, tanpa gejolak konflik, dan tidak eksklusif. 

Dalam pandangan masyarakat ekonomi sesungguhnya Tionghoa selalu identik dengan masyarakat perkotaan atau sekitar lingkungan metropolitan, sangat jarang komunitas Tionghoa yang berorientasi pada daerah pegunungan seperti Kintamani ini. Kemudian dari segi kebudayaan nampaknya banyak hal telah terjadi asimilasi atau pembauran. Di samping itu, pada tataran teologis (aspek ketuhanan) dalam aktivitas religiusnya juga Pelinggih adalah sebua bangunan suci Hindu di Bali yang berfungsi untuk menstanakan Tuhan dalam manifestasi tertentu dan sekaligus sebagai tempat pemujaan. 

Palinggih bagi  keturunan Tionghoa atau keturunan Cina di Pura Batur bernama Pelinggih Ratu Subandar yang terdapat di areal Utama Mandala dari struktur pura Batur. Baik dari segi arsitektur maupun fungsinya memiliki ciri khas Cina. Bahkan beberapa perlengkapannya khusus di datangkan dari Cina. Cina Bali adalah julukan  masyarakat Keturunan yang telah lahir di Bali umumnya dan telah berbaur aktivitasnya dengan penduduk lokal , berbahasa Bali, dan tidak menutup kemungkinan dalam kepercayaan juga telah berbaur.

Sangat menarik dari keberadaan dua komunitas itu. Untuk itu catatan etnografi rupanya akan dapat memberi gambaran tentang hubungan Tionghoa dan penduduk lokal di Kintamani khususnya Balingkang. Berdasarkan berbagai keunikan dan fenomana yang terjadi pada etnis Tionghoa di Kintamani khususnya di Balingkang tersebut, maka sesungguhnya secara akademis wilayah topik ini layak untuk diangkat dalam berbagai pendekatan sehingga mendapat sebuah gambaran tentang Balingkang mungkin berupa sebuah catatan etnografi yang lengkap.

Tujuan dan Sasaran Kegiatan Seminar Sebagaimana paparan latar belakang di atas, maka tujuan dan sasaran seminar ini antara lain membangun kesadaran kolektif orang Bali terhadap hubungan Tionghoa – Bali adalah hubungan sejarah, kultural, ekonomi, dan politik.  Melakukan gerakan harmonisasi antara warga Tionghoa dan Bali agar tidak memiliki sentiment politik identitas antara keduanya. 

Mengembangkan hubungan diplomatik antara Bali dan Tionghoa dalam bidang sejarah kebudayaan dan religi, karena kedua ini telah memiliki akar sejarah yang panjang di Bali, maka perlu ada kajian etnografi yang lengkap tentang Balingkang terkait sejarah, budaya dan religi itu sendiri. Dan terakhir memberikan gambaran komprehensif tentang mitos-mitos hubungan Tionghoa dan Bali terkait dengan Raja Sri Maharaja Jayapangus dan Kang Cing Wey. Kesimpangsiuran data sejarah, purana, babad, dan mitos-mitos yang berkembang dapat menimbulkan salah persepsi di kedua belah pihak. [habis]

Reporter: bbn/litbang



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritabali.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Bali.
Ikuti kami