search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
Jelang Galungan: Harga Bawang Putih Melonjak, Cabai Lombok Langka
Senin, 3 Februari 2020, 13:00 WITA Follow
image

beritabali.com/ist

IKUTI BERITABALI.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITABALI.COM, KARANGASEM.

Mendekati hari raya Galungan yang jatuh pada Rabu, 19 Februari 2020 mendatang, harga sejumlah bumbu masakan kembali melambung.

[pilihan-redaksi]
Setelah sebelumnya harga cabai biasa yang tembus diangka Rp.80 ribu perkilonya, kini giliran cabai besar atau cabai lombok harganya juga tembus Rp.80 ribu perkilonya. Tidak hanya alami peningkatan harga, stok cabai jenis ini juga sulit diperoleh di pasar-pasar tradisional Karangasem.

"Ya ini saya muter - muter di pasar, semua pedagang base (bumbu) pada gak punya cabai lombok, katanya harganya juga naik," kata Komang Ayu salah seorang pembeli di Pasar Pesangkan, Selat, Karangasem pada Senin, (03/02/2020).

Senada dengan sejumlah pedagang ketika ditanya, harga cabai memang terus alami kenaikan, tidak hanya naik, kini untuk memperoleh stoknya pun sulit sehingga banyak pembeli yang kecewa.

Yang terbaru, harga bawang putih juga terus meringsek naik sejak beberapa hari terakhir. Menurut Ibu Luh salah seorang pedagang, mengungkapkan harga bawang putih naik 100 persen dimana tiga hari lalu harga perkilonya masih di kisaran Rp.25 ribu per kilonya, namun pagi ini naik menjadi Rp. 60 ribu perkilonya.

Menurut Iluh, kondisi ini bisa jadi karena pengaruhi isu virus corona yang menggemparkan dunia belakangan ini. Situasi tersebut sepertinya mempengaruhi impor bawang putih, karena di pasar memang masih tergantung dari bawang putih impor tersebut.

"Ya info di kalangan pedagang katanya pengaruh virus corona impor bawang putih jadi dibatasi, kalo jual bawang putih lokal tidak mencukupi kebutuhan pasar," ujarnya.

Reporter: bbn/krs



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritabali.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Bali.
Ikuti kami