search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
Kelompok Pengolahan Ikan Perlu Diedukasi Pengoperasian Mesin Pendingin
Selasa, 22 September 2020, 22:30 WITA Follow
image

beritabali/ist

IKUTI BERITABALI.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITABALI.COM, DENPASAR.

Untuk mengakomodir hasil tangkapan ikan khususnya di kelompok pengolahan ikan atau para nelayan dalam jumlah banyak tentu dibutuhkan unit atau tempat penyimpanan yang mendukung seperti Cold Storage atau unit mesin pendingin berkapasitas besar yang mampu mendinginkan ikan di bawah titik beku.

Meskipun demikian, terdapat kendala yang dihadapi terkait pengoperasian mesin tersebut seperti SDM yang belum mumpuni, belum memiliki pengetahuan bagaimana melakukan perawatan serta belum memiliki standar operasional prosedur pengolahan ikan dengan mesin pendingin.

Untuk itu, salah satu Pelaksana Udayana Mengabdi beserta tim Ir. I Nengah Suarnadwipa, MT turun langsung dengan kepakaran yang dimiliki khususnya di bidang refrigerasi untuk melakukan advokasi.

"Refrigerasi merupakan dasar ilmu yang mempelajari mesin pendingin dan segala sesuatu yang ada di dalamnya, termasuk perinsip kerja, prosesnya, komponennya termasuk fluida pendingin," jelasnya saat saat ditemui di kediamannya di Denpasar, Selasa (22/9).

Dengan demikian tentu solusi permasalahan yang telah dilakukan terkait dengan permasalahan tersebut adalah langsung memberi pengetahuan teoritis tentang mesin pendingin, memberi kemampuan advokasi berupa praktek langsung mengenai standar operasi mesin, memberi kemampuan advokasi cara mengetahui trouble shooting, dan memberikan pengetahuan pentingnya pengolahan ikan dengan benar sehingga akan diketahui dampak jika mengolah ikan tersebut dengan benar tersebut.

"Dengan demikian tentu, dari solusi permasalahan yang ditawarkan dapat meningkatkan rekayasa sosial kelompok usaha pengolahan ikan serta pengetahuan, sehingga unit dapat dipelihara dengan baik serta membuat umur unit juga bisa lebih panjang," tutupnya.

Reporter: bbn/aga



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritabali.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Bali.
Ikuti kami