search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
Gunung Sinabung Alami Erupsi Lanjutan
Rabu, 3 Maret 2021, 12:00 WITA Follow
image

beritabali.com/ist/suara.com/Gunung Sinabung Alami Erupsi Lanjutan

IKUTI BERITABALI.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITABALI.COM, NASIONAL.

Erupsi lanjutan Gunung Sinabung di Kabupaten Karo, Sumatera Utara terjadi pukul 07.15 wib dengan ditandai keluarnya awan panas guguran dari puncaknya, Selasa (2/3/2021).

Luncuran awan panas guguran dengan jarak luncur 4.500 meter ke arah tenggara-timur.

"Dengan tinggi kolom mencapai 5.000 meter," kata Pelaksana Tugas Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Karo Natanail Perangin-angin seperti dilansir ANTARA, Rabu (3/3/2021).

Sekitar pukul 07.11 WIB terjadi awan panas guguran akibat kubah lava yang membeku di puncak Gunung Sinabung dengan jarak luncuran 3.000 meter ke arah tenggara-timur.

Selain itu sekitar pukul 07.07 WIB terjadi awan panas guguran akibat kubah lava yang membeku di puncak Gunung Sinabung dengan jarak luncuran 2.000 meter ke arah tenggara-timur.

Saat ini, Gunung Sinabung berada pada status Level III (Siaga) dengan rekomendasi warga dan petani agar tidak melakukan aktivitas di desa-desa yang sudah direlokasi serta di lokasi dalam radius tiga kilometer dari puncak gunung.

Selain itu, pada radius sektoral lima kilometer untuk sektor selatan-timur dan empat kilometeruntuk sektor timur-utara.

Jika terjadi hujan abu, masyarakat diimbau memakai masker saat ke luar rumah untuk mengurangi dampak terhadap gangguan kesehatan dari abu vulkanik.

Pihaknya juga meminta masyarakat mengamankan sarana air bersih serta membersihkan atap rumah dari abu vulkanik yang tebal agar tidak roboh.(sumber: suara.com)


 

Reporter: bbn/net



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritabali.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Bali.
Ikuti kami