search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
Ini Penyebab Waktu Bongkar Muat Kapal di Pelabuhan Padangbai Diperpanjang
Rabu, 7 April 2021, 11:00 WITA Follow
image

beritabali/ist

IKUTI BERITABALI.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITABALI.COM, KARANGASEM.

Waktu aktivitas bongkar muat kapal di Pelabuhan Padangbai, Kecamatan Manggis, Kabupaten Karangasem kini diperpanjang menjadi 2,5 jam.

Kondisi ini dikarenakan jumlah penumpang yang hendak melakukan penyeberangan melalui Pelabuhan Padangbai menuju Lembar kian menyusut alias cenderung terus mengalami penurunan. Menurut KSOP Pelabuhan Padangbai, Ni Luh Putu Eka Suyasmin, penurunan jumlah penumpang sudah terjadi hampir setahun ke belakang ini. 

Disamping karena pandemi covid-19 kondisi ini juga kemungkinan dipengaruhi oleh beroperasinya tol laut Gilimas - Tanjung Wangi. 

"Ya kegiatan bongkar muat diperpanjang menjadi 2,5 jam kalau siang agar angkut maksimal muat, hal ini dikarenakan muatan mulai sepi, dengan waktu bongkar muat 1,5 jam yang ditetapkan sebelumnya, seringkali kapal harus tetap berangkat dengan muatan sedikit sehingga tidak menutupi biaya operasionalnya," kata Eka Suyasmin dikonfirmasi pada Rabu (07/04/2021).

Tak hanya berdampak terhadap waktu bongkar muat, menurunnya jumlah penumpang juga menyebabkan sejumlah perusahaan pelayaran memilih untuk mengalihkan atau memindahkan lintasan kapalnya mencari peluang ke Pelabuhan yang lebih ramai.

"Sejauh ini sudah ada sekitar 9 kapal yang pindah lintasan mencari pelabuhan yang lebih ramai," tandasnya.

Reporter: bbn/krs



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritabali.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Bali.
Ikuti kami