search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
Takut Kolesterol? Ini 3 Tips Sehat Konsumsi "Seafood"
Jumat, 14 Mei 2021, 10:40 WITA Follow
image

beritabali.com/ist/suara.com/Takut Kolesterol? Ini 3 Tips Sehat Konsumsi

IKUTI BERITABALI.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITABALI.COM, NASIONAL.

Banyak orang menghindari "seafood" karena beberapa "seafood" mengandung kolesterol yang tinggi. Meski demikian, "seafood" adalah sumber protein dan asam lemak omega-3 yang baik bagi tubuh. Oleh sebab itu, Anda tetap dapat mengonsumsi "seafood" dengan memperhatikan beberapa catatan berikut ini.

Inilah tiga tips untuk mengonsumsi "seafood" secara aman dan sehat, mengutip dari Hellosehat.

1. Memilih teknik memasak yang menyehatkan

"Seafood" dapat diolah melalui beragam cara, namun tak semuanya menyehatkan. Salah satu cara yang sebaiknya dihindari adalah teknik menggoreng. Teknik tersebut dapat membuat lemak trans menumpuk dalam tubuh. Kadar lemak trans yang tinggi dapat memicu penyakit kolesterol.

Beberapa cara yang dapat digunakan untuk mengolah "seafood" secara sehat diantaranya memanggang, merebus, mengukus, atau menumis dengan minyak yang sedikit. Melalui teknik tersebut, beberapa pilihan menu yang dapat dicoba diantaranya kerang rebus, pepes ikan, dan udang panggang.

Selain itu, untuk teknik memanggang, pastikan agar alat masak yang digunakan dapat membuat lemak dari makanan dapat menetes, sehingga tidak mengendap di bawah daging "seafood".

2. Memperkaya rasa dengan rempah-rempah

Beragam rempah dan bumbu dapat memperkaya cita rasa dari masakan "seafood". Beberapa jenis rempah dipercaya mampu menurunkan kolesterol. Contohnya bawang putih yang dapat menurunkan kolesterol jahat dan trigliserida. Bawang putih juga mengandung zat anti-radang dan anti-bakteri yang baik bagi tubuh.

3. Menambahkan makanan berserat

Kandungan serat mampu untuk menurunkan kolesterol dengan cara mengikat asam dalam organ empedu. Oleh sebab itu, disarankan untuk menambahkan makanan berserat seperti sayuran dan kacang-kacangan sebagai pendamping masakan "seafood".

Selain itu, tahu dan tempe juga dapat menjadi satu pilihan yang tepat sebagai pendamping hidangan "seafood". Pasalnya, tahu dan tempe mengandung protein dari kacang kedelai yang bermanfaat membuat kadar kolesterol dan trigliserida dalam tubuh menurun, sehingga mencegah penyakit jantung koroner.

Nah, itulah beberapa tips aman dan sehat yang dapat diterapkan saat mengonsumsi hidangan "seafood" agar tak khawatir kolesterol melejit.(sumber: suara.com) 

Reporter: bbn/net



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritabali.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Bali.
Ikuti kami