search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
Bangkai Paus yang di Mulutnya Tersangkut Penyu Akhirnya Ditenggelamkan
Sabtu, 5 Juni 2021, 14:25 WITA Follow
image

beritabali/ist

IKUTI BERITABALI.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITABALI.COM, NTB.

Bangkai Paus Pilot yang ditemukan terdampar di Pantai Dusun Teluk Desa Sukadana, Bayan, Lombok Utara, Kamis (3/6) akhirnya ditenggelamkan lagi.  

Aparat gabungan melakukan penenggelaman bangkai mamalia laut itu pada Jumat (4/6). Keterangan warga, paus ini menelan Penyu yang masih tersangkut di mulutnya. 

Kepala Bidang Perikanan, Dinas Perhubungan, Kelautan dan Perikanan Kabupaten Lombok Utara, Rusdianto mengungkapkan, penenggelaman bangkai paus tersebut berdasarkan hasil koordinasi dengan pihak Kementerian Kelautan dan Perikanan.

"Bangkai ikan jenis paus pilot sudah di evakuasi ke tengah laut menggunakan kapal tangkap milik nelayan untuk ditenggelamkan,” ungkapnya.

Dijelaskan, aparat gabungan yang ikut terlibat dalam evakuasi dan penenggelaman bangkai paus tersebut berasal dari unsur Dinas Perhubungan, Kelautan dan Perikanan Kabupaten Lombok Utara, jajaran Kepolisian Sektor Bayan, Kepala Desa Sukadana dan unsur masyarakat. Terlebih, bangkai paus itu sudah mengeluarkan bau busuk.

“Tadi ditarik pakai kapal nelayan ke tengah laut sekitar satu kilometer dari pesisir pantai, kemudian ditenggelamkan di kedalaman laut sekitar 60 meter,” jelasnya.

Menurut dia, evakuasi dan penenggelaman dilakukan untuk mengantisipasi terjadinya penyebaran virus atau bakteri yang bisa menyerang masyarakat sekitar.

“Bangkai paus yang sudah membusuk itu bisa menjadi ancaman. Oleh karena itu, harus segera dikubur atau ditenggelamkan untuk menjaga hal-hal yang tidak diinginkan,” pungkasnya.

Reporter: bbn/lom



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritabali.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Bali.
Ikuti kami