search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
Dilanda Krisis Ekonomi Parah, Wanita Kesulitan Beli Pembalut
Kamis, 8 Juli 2021, 12:15 WITA Follow
image

beritabali.com/ist/suara.com/Dilanda Krisis Ekonomi Parah, Wanita Kesulitan Beli Pembalut

IKUTI BERITABALI.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITABALI.COM, DUNIA.

Wanita di Lebanon kesulitan untuk membeli pembalut setelah negara tersebut mengalami krisis ekonomi akibat pandemi Covid-19 hingga ledakan Beirut.

Fe-Male, sebuah LSM di Lebanon, menyadur Al Arabiya English Kamis (8/7/2021), mengungkapkan jika wanita di Lebanon menghadapi kenaikan harga produk menstruasi hingga 500 persen.

Fe-Male mengungkapkan bahwa semua itu karena efek pandemi Covid-19, ledakan dahsyat di pelabuhan Beirut, dan kondisi ekonomi Lebanon yang mengerikan.

Pada 2019, satu paket pembalut dibanderol 3.000 hingga 4.000 pound Lebanon atau sekitar Rp28.000 hingga Rp38.000.

Dan saat ini, untuk produk pembalut yang sama sudah mencapai 13.000 pound atau sekitar Rp124.000, bahkan dilaporkan ada yang dibanderol 32.000 pound (Rp307.000).

Rata-rata, seorang wanita di Lebanon akan menghabiskan sekitar 90.000 pound (Rp864.000) untuk pembalut saja setiap bulan.

Akibatnya banyak wanita di Lebanon yang terpaksa mencari alternatif lain seperti menggunakan koran, kain bekas, atau kertas tisu.

Tentu semua itu sangat tidak higienis dan menyebabkan masalah kesehatan, kata Masri, salah satu pendiri lembaga bantuan Dawrati Line kepada Al Arabiya English.

"Ini sangat menyedihkan, itu memalukan. Menggunakan kertas tisu. Beberapa dari mereka memotong popok anak mereka menjadi dua sehingga mereka dapat menggunakannya juga. Mereka menggunakan koran. Mereka menggunakan kain bekas. Sangat memalukan, dan yang terpenting tidak higienis sama sekali," kata Masri.

Bank Dunia menyebut saat ini warga Lebanon sedang terjerumus ke dalam kemiskinan, bahkan disebut sebagai salah satu dari tiga krisis keuangan global terburuk sejak pertengahan abad ke-19.

Masri meluncurkan Dawrati, yang berarti siklus menstruasi dalam bahasa Arab, bersama temannya Rana Haddad pada Mei 2020, di tengah krisis keuangan dan di puncak wabah Covid-19.

"Perempuan di Lebanon sedang mengalami krisis ekonomi dan keuangan. Kami mengalami ledakan ganda di pelabuhan Beirut dan keruntuhan ekonomi. Kami sedang melawan Covid-19. Jadi semua ini sudah merugikan orang pada umumnya, dan lebih khusus lagi bagi wanita, yang tidak mampu lagi membeli pembalut menstruasi," kata Masri kepada Al Arabiya English.

Faten Menhem Aoun, ibu dua anak berusia 36 tahun, mengatakan kepada Al Arabiya English bahwa inflasi membuatnya kesulitan untuk membeli pembalut dan barang-barang kebutuhan.

"Sebelumnya, saya biasa membeli sebungkus (pembalut menstruasi) seharga 2.500 pound Lebanon (Rp24.000). Sekarang harganya hampir 10 kali lipat atau lebih," katanya.

Bagi Sahar Yahya, seorang warga Tripoli, kondisi ekonomi yang dialaminya saat ini membuatnya dan banyak temannya untuk mencari pembalut yang lebih murah.

"Produk menstruasi adalah prioritas, jadi kami mengubah merek yang kami gunakan. Kami mencari yang lebih murah. Secara umum, keluarga Lebanon mengubah prioritas mereka. Kami memangkas produk yang tidak perlu untuk membeli barang-barang penting," kata Yahya kepada Al Arabiya English.

"Harga naik 10 kali lipat. Terus meningkat dari hari ke hari, menurut nilai tukar dolar. Sekarang, harganya menjadi 28.000 pund Lebanon." ungkapnya.

Dawrati dan organisasi lokal lainnya kini juga mengurangi bantuan jenis produk menstruasi karena harganya yang melambung tinggi.(sumber: suara.com)

Reporter: bbn/net



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritabali.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Bali.
Ikuti kami