search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
10 Universitas Terbaik di Yogyakarta Tahun 2021
Jumat, 15 Oktober 2021, 09:45 WITA Follow
image

beritabali.com/ist/suara.com/10 Universitas Terbaik di Yogyakarta Tahun 2021

IKUTI BERITABALI.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITABALI.COM, NASIONAL.

Universitas Jogja terbaik 2021 versi Webometrics. Hingga September 2020, sedikitnya ada 60 kampus negeri dan swasta di Yogyakarta. Kampus-kampus tersebut juga memberikan fasilitas yang berkualitas, sehingga membuat suasana belajar semakin nyaman.

Yogyakarta sudah sejak lama dikenal sebagai Kota Pelajar. Julukan ini diberikan karena banyaknya kampus di kota ini. Laman sekolahnews.com menulis, Yogyakarta adalah kota dengan jumlah kampus terbanyak di Indonesia.

Berikut sepuluh kampus terbaik di Yogyakarta versi Webometrics:

1. Universitas Gajah Mada

Universitas Gajah Mada terletak di Bulaksumur, Kecamatan Depok, Kabupaten Sleman, Yogyakarta. Dikutip dari laman ugm.ac.id, kampus ini merupakan salah satu yang tertua di Indonesia.

Diresmikan pada pada 19 Desember 1949 oleh Pemerintah Indonesia saat itu. Kampus ini juga masuk dalam urutan dua kampus terbaik di Indonesia versi webometrics.info, di bawah Universitas Indonesia. Sementara itu, di tingkat dunia, UGM masuk dalam urutan 852.

Saat ini Universitas Gajah Mada memiliki 18 fakultas dan 256 program studi yang diisi 47.689 338 mahasiswa. Jumlah tenaga pengajarnya pun tak main-main, yakni 338 Professor, 823 Lektor dan 1.404 Asisten Ahli dan Tenaga Pengajar. Dengan menyandang akreditasi A, tak heran UGM berada di urutan pertama kampus terbaik di Yogyakarta.

2. Universitas Muhammadiyah Yogyakarta

Universitas Muhammadiyah Yogyakarta adalah kampus swasta pertama terbaik di Yogyakarta. Kampus ini berada di urutan 11 kampus terbaik di Indonesia versi webometrics.info. Dengan menyandang akreditasi peringkat A, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta mengusung metode Pendidikan yang modern dan Islami.

Menurut laman umy.ac.id, kampus ini memiliki beragam program pendidikan, Diantaranya 3 program Vokasi, 23 program Sarjana, 7 program Magister, 3 program Doktor dan 5 program pendidikan Profesi.

Bagi yang berminat melanjutkan pendidikan di Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, langsung saja sambangi kampusnya di Jalan Brawijaya, Kasihan, Bantul, Yogyakarta.


3. Universitas Islam Indonesia

Berada satu tingkat di bawah Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, Universitas Islam Indonesia menempati urutan 12 kampus terbaik Indonesia versi webometrics.info. Dikutip dari laman uii.ac.id, usia kampus ini lebih tua dari Republik Indonesia.

Cikal bakal kampus ini adalah Sekolah Tinggi Islam (STI) yang didirikan di Jakarta pada 8 Juli 1945. Setahun kemudian, tepatnya pada 10 April 1946, Sekolah Tinggi Islam resmi dibuka di Yogyakarta, dan berubah nama menjadi Universitas Islam Indonesia pada 5 Juni 1948 hingga kini,

Di kampus ini ada beragam program studi, yakni 4 program diploma, 25 Program Sarjana, 12 Program Magister, 4 Program Doktor, dan 3 Program Profesi.

Semua program tersebut mencakup berbagai disiplin ilmu, seperti bisnis, hukum, sosial, teknik hingga kedokteran. Jikan anda berminat melanjutkan studi di Universitas Islam Indonesia, langsung saja kunjungi kampus ini di Jalan Kaliurang KM 14,5 Sleman, Yogyakarta.

4. Universitas Negeri Yogyakarta

Universitas Negeri Yogyakarta berada di urutan 23 kampus terbaik di Indonesia versi webometrics.info. Kampus ini berdiri pada 21 Mei 1964, dengan nama Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan, atau IKIP.

Laman uny.ac.id menulis, saat ini UNY memiliki tujuh fakultas dan satu program Pascasarjana, dengan jumlah mahasiswa lebih dari 25 ribu orang.

5. Universitas Atma Jaya Yogyakarta

Universitas Atma Jaya Yogyakarta didirikan oleh sejumlah orang awam Katolik pada 27 September 1965. Kini kampus ini berada diurutan 28 kampus terbaik di Indonesia versi webometrics.id, dengan semua program studi S-1 dan S-2 terakreditasi BAN-PT.

Dikutip dari laman uajy.ac.id, saat ini Universitas Atma Jaya Yogyakarta memiliki tujuh program studi strata satu dan tujuh program studi strata dua. Tak hanya itu, kampus ini juga memiliki tujuh kelas sarjana internasional.

Kampus ini juga telah meraih sejumlah prestasi di bidang Pendidikan, baik di dalam dan di luar negeri, sehingga membuat kampus ini tak diragukan lagi kredibilitasnya. Bagi yang berminat kuliah disini, langsung saja datangi kampusnya di Jl. Babarsari No.44, Janti, Caturtunggal, Kec. Depok, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta.


6. Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta

Selanjutnya adalah Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta. Kampus ini menempati urutan 31 di daftar universitas terbaik di Indonesia, versi webometrics.info dan telah memperoleh akreditasi A dari BAN-PT pada 2017. Menurut laman uad.ac.id, kampus ini didirikan pada 18 Nopember 1960 dan merupakan pengembangan dari Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan (IKIP) Yogyakarta.

Saat ini Universitas Ahmas Dahlan Yogyakarta memiliki 36 Program Studi Strata Satu, 13 Program Magister, dan satu Program Doktor. Selain itu Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta juga memiliki Program Vokasi dan Program Profesi.

7. UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta

Kampus ini berada diurutan 70 kampus terbaik di Indonesia versi webometrics.info. Mengutip laman uin-suka.ac.id, cikal bakal UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta adalah Pergutian Tinggi Agama Islam (PTAIN) yang berdiri pada 26 September 1951.

Tahun ini, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta resmi mendapatkan gelar perguruan tinggi dengan akreditasi Unggul dari BAN-PT. Ini sekaligus menjadikan kampus ini sebagai Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri pertama yang menyandang gelar tersebut.

UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta adalah perguruan tinggi yang memadukan dan mengembangkan studi keislaman dan keindonesian dalam disiplin ilmu yang diajarkan. Karena itu kampus ini berlandaskan nilai-nilai Islam, namun tidak melepaskan ciri ke-Indonesiaan.

8. Universitas Sanata Dharma Sleman

Universitas yang didirikan sejak 1955 ini mengusung motto “Cerdas dan Humanis”. Universitas Sanata Dharma menempati urutan 75 dalam daftar universitas terbaik di Indonesia versi webometrics.info. Mengutip laman usd.ac.id, cikal bakal universitas ini adalah Perguruan Tinggi Pendidikan Guru (PTPG) yang diusung Menteri Pendidikan, Pengajaran dan Kebudayaan RI, Prof. Moh. Yamin, SH. Ide tersebut lalu disambut baik oleh para imam Katolik, terutama Ordo Societas Jesus.

Sepanjang perjalannannya, kampus ini sudah beberapa kali berganti nama, diantaranya PTPG Sanata Dharma (1955 - 1958), FKIP Sanata Dharma (1958 - 1965), IKIP Sanata Dharma (1965 - 1993), dan Uiversitas Sanata Dharma (1993 – Sekarang).

Kini Universitas Sanata Dharma memiliki delapan fakultas, dua Program Studi Magister dan satu Program Studi Doktor. Bafi Anda yang ingin berkuliah disini, langsung saja kunjungi kampusnya di Jl. Affandi, Mrican, Caturtunggal, Depok, Sleman, DIY.


9. Institut Seni Indonesia Yogyakarta

Nama-nama seperti Butet Kertaradjasa, Didi Nini Thowok dan Djaduk Ferianto pasti sudah tidak asing di telinga kita. Namun tahukah Anda kalau ketiga seniman kondang tersebut adalah alumni Institut Seni Indonesia Yogyakarta? Ya betul, ISI Yogyakarta telah banyak melahirkan seniman, di antaranya seniman patung, teater, tari , kartunis dan musik.

Tak heran kampus ini bertengger pada urutan 77 universitas terbaik terbaik di Indonesia versi webometrics.info.

Kampus ini berdiri pada 30 Mei 1984. Dikutip dari laman isi.ac.id, meskipun terbilang berusia muda, sejumlah perguruan yang turut membidani lahirnya ISI Yogyakarta sudah lama ada dan berkiprah di jagat seni Indonesia.

ISI Yogyakarta punya tiga Fakultas utama, yakni Seni Rupa, Seni Pertunjukan dan Seni Media Rekam. Dari tiga fakultas tersebut ada 20 jurusan yang bisa dipilih. Selain itu ISI Yogyakarta dua Program Studi Magister dan satu Parogram Studi Doktor.

10. Universitas Kristen Duta Wacana

Di posisi terakhir ada Universitas Kristen Duta Wacana. Kampus ini menempati urutan 87 dalam universitas terbaik di Indonesia, versi webometrics.info. Universitas Kristen Duta Wacana berdiri pada 1985 dan merupakan pengembangan dari Sekolah Tinggi Theologia Duta Wacana yang telah berdiri lebih dulu pada 1962. Laman ukdw.ac.id menulis, lembaga pendidikan ini didirikan sebagai bentuk pengabdian gereja terhadap Pendidikan di Indonesia.

Kini Universitas Kristen Duta Wacana memiliki tujuh Program Studi Strata Satu, tiga Program Magister dan satu Program Studi Doktor. Bagi yang ingin melanjutkan Pendidikan di kampus ini, langsung saja meluncur ke Jalan dr. Wahidin Sudirohusodo no. 5-95, Yogyakarta.

Itu tadi sepuluh universitas terbaik di Yogyakarta.(sumber: suara.com)

Reporter: bbn/net



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritabali.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Bali.
Ikuti kami