search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
Marshal Simulasi Kebakaran Motor hingga Antisipasi Oli Tercecer
Kamis, 17 Maret 2022, 13:50 WITA Follow
image

beritabali/ist/Marshal Simulasi Kebakaran Motor hingga Antisipasi Oli Tercecer.

IKUTI BERITABALI.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITABALI.COM, NTB.

Sebanyak 30 orang marshal melakukan simulasi di depan area tenda khusus marshal di area pintu masuk atau green gate Sirkuit Mandalika, Rabu (16/3). Simulasi pemadaman kebakaran motor pembalap MotoGP, sebagai persiapan menghadapi balapan di Sirkuit Mandalika, yang dimulai 18-20 Maret 2022.

Selain latihan pemadaman kebakaran motor pembalap, materi lain yang dipelajari para Marshall tersebut adalah mengenai cara menangani oli di lintasan akibat adanya pembalap yang mengalami insiden kecelakaan.

Materi penting ini diajarkan oleh pihak Ikatan Motor Indonesia atau IMI serta diajarkan pula oleh Clerk of The Course (COC) MotoGP Malaysia. Materi tersebut adalah mengenai cara menangani oli di lintasan akibat adanya pembalap yang mengalami insiden kecelakaan.

Keberadaan oli di lintasan tentu akan sangat membahayakan aktivitas balapan nantinya. Pembalap bisa saja terjadi kecelakaan beruntun bila tercecer oli dalam lintasan sirkuit. Gusti Sempane Gare selaku koordinator Marshall Pujut menyampaikan jika nantinya terdapat oli di lintasan pihak marshall segera mengibarkan bendera.

"Mengibarkan bendera itu agar para pembalap berhati-hati, agar kecepatan motornya diturunkan," ujar Gusti Sempane Gare, Kamis (17/3).

Dalam aturannya, jika saat mengibarkan bendera tersebut pembalap juga tidak boleh menyalip pembalap yang ada di depannya. Ketika pembalap menurunkan kecepatannya maka dilakukan penandaan di area oli tercecer tersebut dengan menggunakan tepung atau yang disebut sebagai Villa yang berwarna putih.

Setelah kemudian dilakukan penandaan pihak FIM akan turun langsung menuju ke sirkuit. Ia akan memastikan apakah area tersebut perlu dilakukan pembersihan atau biarkan saja. Kalau dibiarkan berarti tidak mengganggu jalannya balapan.

Untuk materi yang dibekali kepada para Marshall yakni cara menangani motor yang mengalami ledakan atau kebakaran, diberikan langsung oleh pemadam kebakaran Lombok Tengah. Dan lokasi praktiknya ada di lapangan depan tenda Marshall atau ujung timur sirkuit Mandalika. Marshal Mandalika ini nantinya akan bertugas selama 3 hari mulai dari tanggal 18 hingga 20 Maret 2022.

Reporter: bbn/lom



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritabali.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Bali.
Ikuti kami