search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
5 Penyebab Asam Lambung Naik
Rabu, 23 Maret 2022, 13:50 WITA Follow
image

beritabali.com/ist/suara.com/5 Penyebab Asam Lambung Naik

IKUTI BERITABALI.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITABALI.COM, NASIONAL.

Naiknya asam lambung saat beraktivitas bisa menjadi masalah dan pengganggu yang tak bisa diacuhkan. Hal ini karena sensasi tak nyaman yang muncul benar-benar terasa, sehingga membuat penderitanya harus menunda aktivitas. Penyebab asam lambung naik sendiri beragam, dan akan berguna untuk mengetahuinya sehingga bisa ditentukan dengan tepat cara menanganinya.

Untuk melihat beberapa penyebab asam lambung naik yang paling umum, Anda bisa lihat poin di bawah ini.

Penyebab Asam Lambung Naik : Obesitas

Ketika berat badan berlebih, ada kemungkinan tekanan pada lambung juga meningkat. Hal ini bisa memicu naiknya asam lambung sehingga muncul berbagai sensasi yang tak nyaman. Tidak secara langsung jadi penyebab naiknya asam lambung, namun jadi salah satu faktor besar pemicunya.

Rusaknya Sfingter Esofagus Bawah

Naiknya asam lambung juga bisa terjadi karena otot di bagian bawah kerongkongan lemah atau kendur. Otot ini disebut dengan sfingter esofagus, dan berfungsi sebagai pintu gerbang ke lambung. Otot yang lemah tak bisa menjalankan fungsinya dengan baik, sehingga asam lambung bisa naik ke kerongkongan saat makanan masuk ke lambung.

Konsumsi Makanan Tertentu

Beberapa kandungan dalam makanan juga bisa jadi pemicu atau penyebab asam lambung naik.

 

Biasanya, makanan yang memicu hal ini adalah yang mengandung banyak minyak, bersifat asam, atau sifat sejenis. Misalnya saja daging tinggi lemak, minuman berkafein, makanan terlalu pedas, dan lain sebagainya.

Efek dari Kehamilan

Meningkatnya hormon estrogen dan progesteron pada ibu hamil juga bisa jadi salah satu pemicu naiknya asam lambung. Tekanan pada bagian lambung dan kondisi otot sfingter esofagus yang lemah menjadi efek dari perubahan hormon dan pertumbuhan janin di rongga perut.

Gangguan Fungsi Perut

Penderita keluhan lambung ini terkadang memiliki fungsi saraf atau otot yang tidak normal di bagian perut. Pada beberapa kondisi, makanan bisa dicerna terlalu lambat. Efek berantainya adalah penundaan perut mengosongkan isinya, kemudian mengakibatkan tekanan di dalamnya meningkat dan memicu naiknya asam lambung.

Beberapa penyebab asam lambung naik di atas semoga bisa jadi pengetahuan yang berguna untuk Anda. Tentu, penerapan pola hidup sehat akan jadi solusi terbaik. Namun jika sudah mengganggu, lebih baik mendatangi dokter untuk memeriksakan kondisi kesehatan Anda.(sumber: suara.com)
 

Reporter: bbn/net



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritabali.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Bali.
Ikuti kami