search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
Survei Capres 2024: Prabowo Terpopuler, Sandiaga Uno Nomor 3
Senin, 11 April 2022, 14:40 WITA Follow
image

bbn/instagram/Survei Capres 2024: Prabowo Terpopuler, Sandiaga Uno Nomor 3.

IKUTI BERITABALI.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITABALI.COM, NASIONAL.

Hasil survei Point Indonesia untuk calon presiden (capres) pada Pilpres 2024 mengungkap lima tokoh nasional yang berpotensi menjadi calon presiden pilihan publik.

Diantaranya, Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto menjadi capres 2024 terpopuler dengan memperoleh 28 persen. Sedangkan di posisi kedua ada nama Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo. Lalu di posisi ketiga adalah Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Republik Indonesia Sandiaga Uno. 

Posisi keempat dengan elektabilitas tertinggi ditempati oleh Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. Terakhir Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menempati posisi kelima.

"Sedangkan Sandiaga Uno berada di urutan ketiga dengan perolehan 21,7 persen, Anies Baswedan sebesar 10,3 persen dan Ridwan Kamil 7,2 persen," kata Peneliti Senior Point Indonesia, Usmar dalam keterangannya, Minggu (10/4/2022). 

Usmar mengatakan, survei ini tidak hanya memaparkan popularitas capres 2024. Namun, pihaknya juga mendalami pilihan publik berdasarkan sejumlah isu, di antaranya lapangan kerja dan pengangguran, kenaikan harga kebutuhan pokok serta pertumbuhan ekonomi.  

"Sudah bukan rahasia bahwa fokus pertumbuhan ekonomi menjadi isu sentral dan berkaitan dengan pemulihan ekonomi pascapandemi COVID-19," ujar Usmar.

Ia menyebut pandangan publik terhadap capres 2024 cukup terlihat permasalahan ekonomi hari ini. Mulai dari lapangan kerja, kenaikan sejumlah harga kebutuhan pokok seperti minyak goreng, BBM, hingga rencana gas.

Publik disebut ingin pemimpin yang memiliki perhatian pada ketiga isu di atas. Berdasarkan hasil survei, Sandiaga Uno dipercaya publik menjadi tokoh yang berkomitmen penuh pada pemulihan ekonomi.

"Salah satunya memanfaatkan kebijakan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif sebagai katalis pemulihan ekonomi nasional, Selain itu, salah satu poin kuat Sandiaga Uno ialah karena pengalaman beliau sebagai pengusaha," kata Usmar. 

"Sandiaga Uno memiliki positioning lebih dalam isu-isu ekonomi karena perannya dalam menciptakan kebijakan yang pro-entreprenership, hingga membuka lapangan pekerjaan," lanjutnya.

Adapun survei ini dilakukan dengan menggunakan metode multistage random sampling terhadap 1.916 responden di seluruh Indonesia, dengan margin of error sebesar 2,24 persen. (sumber: Warta Ekonomi)

Reporter: bbn/net



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritabali.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Bali.
Ikuti kami