search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
7 Fakta Menarik SEA Games 2021 di Hanoi, Vietnam
Kamis, 5 Mei 2022, 20:40 WITA Follow
image

bbn/ayosemarang.com/7 Fakta Menarik SEA Games 2021 di Hanoi, Vietnam

IKUTI BERITABALI.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITABALI.COM, NASIONAL.

SEA Games 2021 akan diselenggarkaan di Hanoi, Vietnam mulai tanggal 12 Mei 2022 hingga 23 Mei 2022. Pesta olahraga yang biasa diselenggarakan dua tahun sekali ini seharusnya digelar pada 21 November 2021.

Namun, SEA Games 2021 harus tertunda akibat pandemi virus corona. Tahun ini sebanyak 11 negara di Asia Tenggara menunjukkan kebolehannya dalam acara tersebut untuk merebutkan medali.

Terdapat puluhan cabang olahraga yang digelar sebagai pertandingan di SEA Games 2021. Berikut fakta-fakta menarik mengenai SEA Games 2021:

1. Ada 40 Cabang Olahraga

Terdapat 40 cabang olahraga yang dipertandingkan di SEA Games 2021 kali ini. Nantinya, para atlet terbaik perwakilan dari masing-masing negara di Asia Tenggara akan bersaing pada 12 hingga 23 Mei 2022.

2. Sea Games ke-31

Pesta olahraga SEA Games 2021 merupakan edisi ke-31, sejak pertama kali digelar di Bangkok, Thailand pada tahun 1959 silam.

3. Pertama Kali Digelar di Tahun Genap

SEA Games tahun ini mencetak sejarah baru karena pertama kali digelar di tahun genap. Diketahui SEA Games pertama kali dimulai tahun ganjil, yakni 1959 dan selalu digelar setiap 2 tahun sekali.

Namun, SEA Games kali ini digelar pada 2022. Alasan yang mendasarinya yakni adanya pandemi Covid-19. Rencana awal sendiri SEA Games 2021 seharusnya diselenggarakan pada 21 November hingga 2 Desember 2021. Namun diundur hingga Mei 2022.

4. Penggagas SEA Games Jadi Tuan Rumah      

SEA Games tahun ini digelar salah satu negara penggagas pesta olahraga terbesar se-Asia Tenggara tersebut. Vietnam diketahui merupakan salah satu negara penggagas SEA Games.

Negeri tersebut mencetuskan SEA Games bersama Thailand, Laos, Myanmar, dan Malaysia. Awalnya, olahraga ini dinamai Southeast Asian Peninsular dan berlangsung di Thailand.

5. Vietnam Jarang Jadi Tuan Rumah

Vietnam ternyata justru jarang menjadi tuan rumah SEA Games. Pada tahun-tahun sebelumnya, SEA Games jarang berlangsung di Vietnam.

Terakhir Vietnam menjadi tuan rumah SEA Games pada tahun 2003 silam.

6. Vietman Tak Masuk Lima Besar Peraih Medali Terbanyak

Vietnam rupanya tidak termasuk lima negara peraih medali terbanyak di SEA Games. Meski tahun ini menjadi tuan rumah, mamun sepak terjang Vietman di gelaran SEA Games masih kalah dengan negara-negara lain.

Vietnam merupakan negara ke 6 peraih medali terbanyak. Negara peraih medali SEA Games terbanyak adalah Thailand, yakni 5758 medali. Sedangkan Indonesia berada di posisi kedua dengan pencapaian total 5307 medali.

7. SEA Games 2021 Kembali Pertandingkan Esports  

SEA Games 2021 kembali mempertandingkan esports. Ini merupakan kedua kalinya dalam sejarah bahwa SEA Games mempertandingkan olahraga tersebut. Peraih medali terbanyak cabang olahraga esports adalah Filipina.

Demikian 7 fakta menarik SEA Games 2021. Ajang ini merupakan kesempatan bagi negara-negara lain untuk menunjukkan kemampuannya di bidang olahraga dan berprestasi meraih medali-medali kejuaraan.

Reporter: bbn/net



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritabali.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Bali.
Ikuti kami