search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
Perajin Payas Penjor Ental Siapkan Stok Jelang Galungan
Jumat, 6 Mei 2022, 10:40 WITA Follow
image

beritabali/ist/Perajin Payas Penjor Ental Siapkan Stok Jelang Galungan.

IKUTI BERITABALI.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITABALI.COM, BADUNG.

Meskipun Hari Raya Galungan masih tiga bulan kedepan, tetapi perajin payas penjor berbahan baku ental telah bersiap membuat stok.

Nantinya barang yang sudah jadi dibawa ke para pengepul-pengepul aneka jejahitan dan pernak-pernik payas penjor di daerah Kapal, Badung dan sekitarnya.

Seperti salah satunya dilakukan pengrajin payas Penjor berbahan baku ental di Banjar Uma, Kapal, Badung, Ibu Engel menyampaikan, pengerjaan tersebut dilakukan jauh-jauh hari agar nantinya dapat menutupi jumlah pesanan yang mencapai kurang lebih ribuan.

"Tiga bulan sebelum hari Raya Galungan sudah mulai ada pengepul memesannya. Karena proses membuatnya sedikit lama, maka dikerjakan jauh-jauh hari," jelasnya belum lama ini di Kapal, Badung.

Biasanya pesanannya mencapai 200 bungkus diserahkan ke salah satu pengepul saja di daerah sekitar Kapal maupun di luar daerah Kapal.

"Satu pengepul biasanya akan diberikan 200 bungkus payas penjonya seperti misalnya untuk jenis kolong-kolongnya," katanya.

Dalam kurun waktu 3 bulan akan mampu memperoleh ribuan pernak-pernik payas penjor dengan dikerjakan sebagian besar oleh Ibu-ibu rumah tangga di sekitar tempat usaha.

"3 bulan dikerjakan oleh tetangga sekitar saya, yang nantinya akan diserahkan ke 10 pengepul, baik di daerah Kapal maupun dari luar Desa Kapal, Negara, Kerobokan, Sangeh, Kugu, Munggu dan Sibang," bebernya.

Dirinya berharap agar kondisi ekonomi kembali membaik seperti sebelum merebaknya pandemi Covid-19.

Reporter: bbn/aga



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritabali.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Bali.
Ikuti kami