search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
3 Manfaat Buah Tin yang Sayang untuk Dilewatkan
Jumat, 19 Agustus 2022, 09:33 WITA Follow
image

bbn/Suara.com/3 Manfaat Buah Tin yang Sayang untuk Dilewatkan

IKUTI BERITABALI.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITABALI.COM, NASIONAL.

Buah tin, atau dikenal dengan fig, merupakan salah satu buah yang memiliki banyak manfaat kesehatan. Manfaat buah tin ini berasal dari kandungan nutrisinya yang kaya, sehingga ketika dikonsumsi secara rutin dapat memberikan asupan nutrisi harian yang baik untuk tubuh.

Setidaknya, kandungan dari buah tin ini antara lain vitamin A, vitamin C, kalsium, zat besi, protasium, hingga magnesium. Tidak heran bukan jika manfaatnya sangat beragam?

Maka untuk mengetahui manfaat buah tin lebih lengkap, berikut poin singkat yang bisa menjadi acuannya, dirangkum dari WebMD.

1. Meningkatkan Kepadatan Tulang

Buah tin merupakan sumber nutrisi kalsium dan potasium. Keduanya bekerja bersama untuk meningkatkan kepadatan tulang, sehingga dapat mencegah kondisi osteoporosis di usia senja. Osteoporosis sendiri adalah kondisi di mana tulang menjadi rapuh dan memiliki kepadatan yang rendah.

Beberapa studi menunjukkan bahwa konsumsi makanan yang kaya potasium dapat membantu meningkatkan kesehatan tulang. Sementara itu, kalsium merupakan komponen utama dari struktur tulang, sehingga diperlukan untuk menjaga agar tulang tetap sehat. Asupan kalsium baik diberikan saat anak-anak untuk menunjang tumbuh kembangnya.

2. Meningkatkan Fungsi Organ Pencernaan

Beberapa isu kesehatan saluran pencernaan, seperti misalnya konstipasi dan diare, merupakan hasil dari kesehatan organ pencernaan yang tidak terjaga. Oleh karenanya, peningkatan konsumsi makanan dengan kandungan serat tinggi akan dapat mencegah hal ini terjadi.

Selain memberikan manfaat asupan serat, konsumsi buah tin juga dapat membantu asupan prebiotik untuk kesehatan organ cerna. Nutrisi ini diperlukan agar seluruh bagian organ pencernaan meningkat kualitas kesehatan dan kinerjanya.

3. Mengurangi Risiko Tekanan Darah Tinggi

Seperti yang sudah diketahui banyak orang, tekanan darah tinggi dapat menjadi akar dari berbagai penyakit kronis lain, seperti penyakit jantung, bahkan hingga stroke. Salah satu faktor yang menyebabkan hal ini terjadi adalah ketidakseimbangan asupan potasium, baik terlalu banyak atau terlalu sedikit.

Buah tin, di bahasan ini, merupakan salah satu buah dengan kandungan potasium yang tinggi. Ketidakseimbangan yang terjadi di dalam tubuh dapat diatasi, bersamaan dengan masuknya serat ke dalam tubuh Anda. Dengan begini, zat yang berlebihan bisa lekas dikurangi dan tubuh kembali sehat.

Reporter: bbn/net



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritabali.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Bali.
Ikuti kami