search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
Xi Jinping Sambangi Uzbekistan Jelang Bertemu Putin
Kamis, 15 September 2022, 09:50 WITA Follow
image

beritabali.com/cnnindonesia.com/Xi Jinping Sambangi Uzbekistan Jelang Bertemu Putin

IKUTI BERITABALI.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITABALI.COM, DUNIA.

Presiden China Xi Jinping mengunjungi Uzbekistan pada Rabu (14/9) malam. Kunjungan itu dilakukan jelang pertemuan dengan Presiden Rusia Vladimir Putin.

"Presiden China Xi Jinping tiba di sini (di Samarkand) Rabu malam untuk melakukan kunjungan kenegaraan ke Uzbekistan dan menghadiri pertemuan ke-22 Dewan Kepala Negara Organisasi Kerjasama Shanghai (SCO)," terang kantor berita resmi pemerintah Xinhua, seperti dikutip dari AFP.

SCO didirikan pada 2001 lalu sebagai organisasi politik, ekonomi dan keamanan untuk menyaingi lembaga Barat. Organisasi itu akan mempertemukan Xi dan Putin, serta para pemimpin dari India, Pakistan, Kazakhstan, dan negara-negara Asia Tengah bekas Soviet lainnya.

Xi bertemu para pejabat termasuk Presiden Uzbekistan Shavkat Mirziyoyev dan Perdana Menteri Abdulla Aripov di bandara.

Berdasarkan laporan Xinhua, Pemimpin China itu akan mengadakan pembicaraan dengan Mirziyoyev tentang memperdalam kerja sama bilateral, dan tentang isu-isu regional dan internasional yang menjadi kepentingan bersama.

Xi juga berharap untuk menghadiri KTT SCO Samarkand, dan bekerja dengan semua pihak untuk melanjutkan semangat Shanghai.

Xi terbang ke Samarkand dari Nur-Sultan di Kazakhstan, di mana ia bertemu dengan Presiden Kassym-Jomart Tokayev dalam perjalanan pertamanya ke luar negeri sejak pandemi virus corona. Di sana, presiden China berkomitmen untuk mendukung penuh negara Asia Tengah itu.

Kazakhstan sendiri merupakan bagian dari Inisiatif Sabuk dan Jalan (BRI) Beijing yaitu program bernilai triliunan dolar AS untuk meningkatkan hubungan perdagangan di seluruh dunia dengan membangun infrastruktur penting.(sumber: cnnindonesia.com)

Editor: Juniar

Reporter: bbn/net



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritabali.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Bali.
Ikuti kami