search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
Geopark Tambora Gandeng Pemandu Geowisata Gelar NYGE
Senin, 31 Oktober 2022, 22:13 WITA Follow
image

beritabali/ist/Geopark Tambora Gandeng Pemandu Geowisata Gelar NYGE.

IKUTI BERITABALI.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITABALI.COM, NTB.

Untuk terus memajukan potensi wisata yang ada di lingkar Tambora, Geopark Tambora Samota Bisosphe Reserve Pulau Sumbawa bekerjasama dengan perkumpulan pemandu Geowisata Indonesia (PERPIGI) melaksanakan kegiatan Nasional Youth Geowisata Educamp (NYGE) di Savana Dorombolo desa Oi Panihi kecamatan Tambora Kabupaten Bima, Jumat 28-30 Oktober 2022.

"Kegiatan Nasional Youth Geowisata Educamp, mendukung program dalam memajukan potensi desa Wisata dan NTB Hijau," kata General Manager (GM) Geopark Tambora Samota Bisosphe Reserve Pulau Sumbawa, Ir Hadi Santoso, Minggu (30/10) di desa Oi Panihi Kecamatan Tambora Kabupaten Bima.

Sehingga, masyarakat dan khususnya para pelajar, lebih mengenal potensi alam dan wisata yang dimiliki daerahnya karena acara tersebut terdiri dari berbagai kegiatan, seperti upacara Hari Sumpah Pemuda, kemah Eduwisata, pengenalan Geowisata air terjun Oi Panihi, penanaman pohon melalui reboisasi hutan, pengenalan Geopark Tambora dan pengenalan cagar Biosfer Samota.

"Dari rangkaian kegiatan, masyarakat setempat, para pelajar yang terdiri dari SMA/SMK se pulau Sumbawa merasa memiliki dan bangga serta termotivasi untuk menjaga warisan dunia, yang telah ditetapkan sebagai taman bumi ini," terang ketua PII Kabupaten Bima tersebut.

Hadi Santoso juga mengapresiasi kekompakan dan bergeliatnya masyarakat Desa Oi Panihi Kecamatan Tambora dalam mempersiapkan dan menyediakan lokasi dan tempat untuk pelaksanaan Nasional Youth Geowisata Educamp (NYGE) dari awal pembukaan acara hingga penutupan acara tersebut. Karena jelas Hadi, bahwa kunci kebangkitan pariwisata itu gerakan Local Wisdom.

Kepala BKPH Tofopajo Soromandi, Faruk, mengaku bangga dan mengapresiasi kegiatan yang diinisiasi oleh General Manager (GM) Geopark Tambora Samota Bisosphe Reserve Pulau Sumbawa. 

Program NTB Hijau  dengan melakukan penanaman pohon di sekitar savana Dorombolo dan Air Terjun Oi Panihi, sangat baik untuk mengembalikan fungsi hutan dan melindungi mata air.

Editor: Robby

Reporter: bbn/lom



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritabali.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Bali.
Ikuti kami