search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
Polisi Turki Telah Tangkap 46 Orang dalam Ledakan di Istanbul
Senin, 14 November 2022, 23:24 WITA Follow
image

bbn/Detik.com/Polisi Turki Telah Tangkap 46 Orang dalam Ledakan di Istanbul

IKUTI BERITABALI.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITABALI.COM, DUNIA.

Kepolisian Turki telah menangkap 46 orang yang diduga terlibat dalam ledakan di Istanbul pada akhir pekan yang menewaskan hingga delapan orang dan melukai 81 lainnya.

Al Jazeera melaporkan bahwa Menteri Dalam Negeri, Suleyman Soylu, mengonfirmasi pada Senin (14/11) bahwa salah satu tersangka yang ditangkap adalah “orang yang meninggalkan bom yang menyebabkan ledakan” di Istiklal Avenue.

Menteri Soylu juga menuduh Partai Pekerja Kurdistan (PKK) sebagai dalang di balik aksi yang terjadi pada Minggu.

“Penilaian kami adalah bahwa perintah untuk [melakukan] serangan teror mematikan ini datang dari daerah Ayn al-Arab [Kobane] di sebelah utara Suriah,” ujarnya. Ia mengatakan markas PKK di Suriah berada di distrik itu.

"Kami akan membalas mereka yang bertanggung jawab atas serangan teror keji ini," katanya.

Soylu juga mengonfirmasi bahwa jumlah korban tewas telah naik dari enam menjadi delapan orang. Sementara itu, 81 orang lainnya terluka, dan dua di antaranya berada dalam “kondisi kritis”.

Pihak berwenang di Turki juga dikabarkan tidak menutup kemungkinan akan adanya keterlibatan ISIS. Belum ada kelompok yang mengaku bertanggung jawab atas ledakan tersebut.

Sebelumnya, Menteri Kehakiman, Bekir Bozdag, mengatakan kepada media Turki bahwa seorang wanita sebelumnya terlihat duduk di sebuah bangku di dekat lokasi kejadian selama lebih dari 40 menit dan kemudian pergi beberapa menit sebelum ledakan terjadi.

“Ada dua kemungkinan,” katanya kepada stasiun televisi A Haber. “Terdapat mekanisme yang diletakkan di dalam tas dan kemudian meledak, atau seseorang meledakkannya dari jarak jauh.”

Polisi juga mengungkapkan bahwa dalam proses interogasi awal, wanita itu mengatakan dirinya dilatih oleh militan Kurdi di Suriah dan memasuki Turki melalui kota Afrin di barat laut Suriah.

Al Jazeera melaprorkan bahwa wanita itu tampaknya berusia akhir 20-an atau awal 30-an, dan ia "ditangkap oleh polisi di tempat ia tinggal" pada pukul 02.50 waktu setempat.

Presiden Recep Tayyip Erdogan telah berjanji akan menghukum para pelaku yang terlibat dan menambahkan ia mencium “aroma teror” dalam peristiwa itu.

“Upaya untuk mengalahkan Turki dan rakyat Turki melalui terorisme akan gagal hari ini seperti yang mereka lakukan kemarin dan akan gagal lagi besok," sebut Erdogan dalam konferensi pers.

Reporter: bbn/net



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritabali.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Bali.
Ikuti kami