search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
Gejala Kolesterol di Usia Muda, Hati-Hati Kalau Sering 'Oleng'
Rabu, 1 Februari 2023, 12:09 WITA Follow
image

beritabali.com/cnnindonesia.com/Gejala Kolesterol di Usia Muda, Hati-Hati Kalau Sering 'Oleng'

IKUTI BERITABALI.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITABALI.COM, NASIONAL.

Gejala kolesterol bukan hanya dirasakan oleh orang tua, tapi ada juga gejala kolesterol di usia muda. Ciri-ciri kolesterol yang dirasakan anak muda umumnya tidak jauh berbeda seperti yang dialami orang dewasa.

Kadar kolesterol tinggi pada anak muda termasuk remaja bersifat multifaktor. Ada banyak hal penyebab gejala kolesterol pada anak muda.

Beberapa penyebab kolesterol di antaranya adalah:

1. Genetik atau memiliki garis keturunan dari keluarga yang berisiko kolesterol tinggi.

2. Obesitas atau kegemukan.

3. Menjalani pola diet tidak sehat dan banyak asupan berlemak.

4. Memiliki penyakit penyerta seperti diabetes, penyakit ginjal, atau penyakit tiroid tertentu.

Jadi apa saja gejala kolesterol di usia muda?

1. Xanthoma

Xanthoma merupakan penumpukan lemak di bawah kulit. Biasanya ditandai benjolan berwarna kekuningan,tetapi tidak terasa sakit melainkan gatal.

Pada orang yang memiliki kolesterol tinggi, xanthoma dapat muncul di area siku, lutut, kaki, tangan, atau bokong.

2. Sering kram di malam hari

Kram di malam hari memang bisa terjadi akibat salah posisi tidur. Namun, pada penderita kolesterol tinggi, kram akan terasa sakit di area tumit, telapak kaki, dan jari-jari.

Untuk mengatasi kram ini, Anda bisa meluruskan kaki di atas kasur supaya aliran darah lancar. Kemudian pegang telapak kaki dan dorong ke arah dalam pelan-pelan.

3. Kaki terasa dingin

Kondisi kaki terasa dingin dapat dipengaruhi oleh suhu ruangan atau cuaca. Namun rasa dingin ini akan berbeda bagi orang dengan kadar kolesterol tinggi.

Biasanya rasa dingin hanya akan terasa di area tungkai kaki, karena aliran darahnya tersumbat sehingga tidak mencapai ke bagian kaki sampai bawah.

4. Nyeri pada tungkai kaki

Ciri-ciri kolesterol tinggi umumnya muncul rasa nyeri pada tungkai kaki. Jadi, selain terasa dingin, penderitanya juga dapat merasakan nyeri yang tidak biasa seperti kaku.

Selain nyeri dan dingin, tungkai kaki bisa terasa seperti ada sensasi terbakar. Kemudian diikuti rasa nyeri tertentu pada bagian paha atau bokong.

5. Nyeri dada

Jika Anda merasakan nyeri dada yang terasa tersiksa, patut curiga ini gara-gara kolesterol tinggi. Alasannya karena kolesterol tinggi bisa menyumbat aliran darah sehingga menimbulkan masalah kardiovaskular. Nyeri dada ini termasuk gejala serangan jantung.

6. Perubahan warna kulit

Saat kolesterol naik, aliran darah berkurang dan bisa mengubah warna kulit. Perubahan itu terjadi akibat sel darah tidak mendapat nutrisi cukup, karena suplai darah menurun.

Coba letakkan kaki lebih tinggi dari dada, lalu warna kuku kaki akan terlihat pucat. Kemudian saat kaki menumpu pada meja, warnanya terlihat agak keunguan atau kebiruan.

7. Kehilangan keseimbangan

Kalau beberapa kali Anda sering oleng, waspada ini bisa jadi ciri kolesterol tinggi. Kehilangan keseimbangan termasuk ciri-ciri kolesterol tinggi yang sudah cukup parah. Kondisi ini termasuk gejala stroke.

Selain kehilangan keseimbangan, gejala kolesterol di usia muda juga menyebabkan penderita kesulitan menggerakkan mulut, serta tangan dan kaki terasa lemas.(sumber: cnnindonesia.com)
 

Editor: Juniar

Reporter: bbn/net



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritabali.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Bali.
Ikuti kami