search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
Dua Pilot Ukraina Mulai Latihan Jet Tempur F-16 di AS
Selasa, 7 Maret 2023, 10:00 WITA Follow
image

beritabali.com/cnnindonesia.com/Dua Pilot Ukraina Mulai Latihan Jet Tempur F-16 di AS

IKUTI BERITABALI.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITABALI.COM, DUNIA.

Sebanyak dua pilot Ukraina mulai latihan menggunakan simulator menerbangkan sejumlah jet tempur termasuk F-16 di pangkalan militer di Arizona, Amerika Serikat.

Pejabat senior AS dan dua pejabat kongres mengatakan latihan itu untuk memantau keterampilan pilot-pilot Ukraina. Beberapa pejabat lain mengatakan para pilot akan menggunakan simulator yang bisa meniru menerbangkan berbagai jenis pesawat.

Pejabat AS mengatakan program latihan tersebut memiliki dua tujuan. Pertama untuk mengembangkan kemampuan pilot dan kedua mengevaluasi berapa lama latihan ini berlangsung.

"Program ini soal menilai kemampuan mereka sebagai pilot sehingga kami bisa memberi mereka saran yang lebih baik tentang cara menggunakan kemampuan yang mereka miliki dan kami berikan kepada mereka," kata pejabat administrasi AS, seperti dikutip NBC News, Minggu (5/3).

Kedua tentara Ukraina itu merupakan pilot pertama yang terbang ke AS untuk melatih kemampuan mereka dan dipantau langsung pelatih militer Washington. Pihak berwenang AS telah menyepakati lebih dari 10 pilot Ukraina untuk berlatih di AS pada awal Maret.

Dua pejabat AS menekankan bahwa latihan itu bukan merupakan program latihan sungguhan. Mereka juga menegaskan pilot Ukraina itu tak akan menerbangkan pesawat apa pun selama berada di Negeri Paman Sam.

Sejauh ini, juga tak ada perubahan keputusan soal pemberian F-16 ke Ukraina.

"Karena kami belum membuat keputusan menyediakan F-16 dan juga sekutu dan mitra kami, tak masuk akal mulai melatih mereka dengan sistem yang mungkin tak akan pernah mereka dapatkan," ujar Wakil Menteri Pertahanan untuk Kebijakan AS, Colin Kahl.

Saat ditanya soal penilaian dua pilot Ukraina, seorang pejabat pertahanan AS menggambarkan acara itu sebagai cara sosialisasi.

"Ini kegiatan rutin sebagai bagian dari dialog militer-ke-militer kami dengan Ukraina," kata pejabat itu.(sumber: cnnindonesia.com)

Editor: Juniar

Reporter: bbn/net



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritabali.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Bali.
Ikuti kami