search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
Nyepi, Puluhan Ribu Lampu Penerangan Jalan di Gianyar Dipadamkan
Selasa, 21 Maret 2023, 23:34 WITA Follow
image

beritabali/ist/Nyepi, Puluhan Ribu Lampu Penerangan Jalan di Gianyar Dipadamkan.

IKUTI BERITABALI.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITABALI.COM, GIANYAR.

Menyukseskan perayaan Nyepi Caka 1945 pada 22 Maret, sebanyak 21.416 titik lampu penerangan jalan umum (LPJU) di seluruh Gianyar dipadamkan. Pemadaman mulai berlangsung Selasa (21/3).

Adapun puluhan ribu lampu itu dari 629 kilometer/kwh di Kabupaten Gianyar. Rinciannya terdiri dari lampu penerangan jalan umum kecamatan sebanyak 14.775 titik, lampu penerangan kota 1.592 titik, lampu swadaya masyarakat 1.415 titik.

Domain seluruh lampu tersebut ada di Dishub Gianyar. “Sisanya LPJ yang tersebar di tiap desa dan tempat umum lain,” Plt Kadishub Gianyar, I Wayan Suamba.  

Dikatakan lebih lanjut, pemadaman lampu agar kondisi Nyepi berjalan lancar. Sipeng, sepi, hening seperti makan Nyepi

“Kalau masih ada lampu yang menyala, nanti justru masyarakat duduk-duduk di pinggir jalan, sedangkan warga lain khusyuk melaksanakan tapa brata penyepian,” tambahnya. 

Dikatakan, pukul 12.00 WITA Rabu (22/3) seluruh LPJ sudah padam total. Sedangkan untuk menghidupkan kembali, selain oleh petugas juga diharapkan dibantu oleh aparat desa setempat sehari setelahnya.

Menurutnya, petugas Dishub tidak bisa memadamkan keseluruhan LPJ yang ada. Sehingga Dishub Gianyar meminta pihak perbekel dan lurah untuk ikut memadamkan LPJ yang belum padam atau tercecer oleh petugas Dishub. 

“Jumlah petugas Dishub terbatas, sedangkan yang harus dipadamkan keseluruhan. Begitu juga dengan saat menghidupkan kembali, yang masih tercecer oleh petugas,” tutupnya.

Editor: Robby

Reporter: bbn/gnr



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritabali.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Bali.
Ikuti kami