search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
Pengundian Piala Dunia U-20 Batal di Bali, Anggaran Renovasi Art Center Sudah Rp7 Miliar
Selasa, 28 Maret 2023, 14:05 WITA Follow
image

bbn/denpasarkota.go.id/Pengundian Piala Dunia U-20 Batal di Bali, Anggaran Renovasi Art Center Sudah Rp7 Miliar.

IKUTI BERITABALI.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITABALI.COM, DENPASAR.

Penolakan terhadap kedatangan Timnas Israel oleh Gubernur Bali, diyakini sebagai salah satu penyebab undian grup Piala Dunia U-20 batal digelar di Bali pada 31 Maret 2023.

Pemprov Bali sendiri sudah menyiapkan lokasi drawing Piala Dunia U-20, yaitu di Art Center Denpasar. Bahkan, renovasi dan perbaikan sudah dilakukan jauh sebelumnya untuk menyongsong hajatan bergensi tersebut.

Kepala UPTD Taman Budaya Bali Wayan Ria Arsika menyampaikan, perbaikan di sejumlah titik Art Center telah dilakukan sejak Februari dan ditarget selesai pertengahan Maret 2023, lantaran pengundian grup Piala Dunia U-20 dijadwalkan berlangsung pada Jumat, 31 Maret 2023.

Sekitar Rp7 miliar dana dari APBD Provinsi Bali digunakan di sana, di mana untuk pengerjaannya diserahkan kepada Dinas PUPR Provinsi Bali dan nantinya kembali dikelola pihak UPTD Taman Budaya.

“Penataan dilakukan sejak memasuki kawasan Taman Budaya (Art Center), termasuk jalan harus hotmix, taman, hingga lainnya. Membuat suasana senyaman-nyamannya untuk para peserta internasional,” katanya, Selasa (28/3/2023).

Tak hanya di luar, dalam Gedung Ksirarnawa juga dilakukan perbaikan kata dia, seperti penataan pada karpet, lampu, dan kursi, termasuk pada bagian bangunan tradisional dibekali sertifikat layak fungsi agar menandakan lokasi tersebut terjamin keselamatannya.

Wakil Gubernur Bali Tjok Oka Artha Ardhana Sukawati atau Cok Ace menyatakan, Art Center Denpasar akan digunakan untuk kegiatan lain.

"Ya ke depan kan masih ada penyelenggaraan yang lain, penggunaan pemanfaatan lain untuk Art Center khususnya, itu kan masih fasilitas yang memang kita gunakan, bukan baru gara-gara ini (Piala Dunia U 20)," katanya.

Cok Ace itu menegaskan bahwa sejak lama Art Center sudah ada dan dimanfaatkan, sehingga perbaikannya bukan semata-mata karena jadi atau batalnya pengundian grup Piala Dunia.

"Itu (Art Center) memang kita punya dan Astungkara kita ada kesempatan perbaiki dan tentu ke depannya akan kita gunakan," ujarnya.

Bali Art Center Denpasar atau Taman Budaya Bali merupakan bangunan yang ditujukan sebagai tempat pelestarian budaya serta pengembangan pusat kesenian Bali. Sebuah taman budaya yang digagas oleh mantan gubernur pertama, yaitu Ida Bagus Mantra. Beliau merupakan seorang pemimpin yang begitu peduli dengan nilai-nilai budaya.

Bali Art Centre Denpasar adalah komplek bangunan yang memiliki luas kurang lebih 5 hektare. Dengan gaya arsitektur tradisional Bali, bangunan-bangunan yang ada disini begitu kokoh dan indah. Dilengkapi juga dengan taman-taman yang tertata rapi dan juga terdapat sebuah anak sungai yang berada di area taman. (sumber: liputan6.com)

Editor: Robby

Reporter: bbn/net



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritabali.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Bali.
Ikuti kami