search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
Tekan Kasus Rabies di Karangasem, Pemkab Gandeng Yayasan Gelar Depopulasi HPR
Jumat, 31 Maret 2023, 10:24 WITA Follow
image

beritabali/ist/Tekan Kasus Rabies di Karangasem, Pemkab Gandeng Yayasan Gelar Depopulasi HPR.

IKUTI BERITABALI.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITABALI.COM, KARANGASEM.

Untuk menekan kasus rabies, Dinas Pertanian Pangan dan Perikanan Karangasem menggandeng Yayasan Seva Bhuana dengan melaksanakan kegiatan Depopulasi Hewan Penular Rabies (HPR) gratis di Karangasem

Seperti pantauan kegiatan HPR yang berlangsung di wilayah Desa Duda Utara, Kecamatan Selat, Kabupaten Karangasem misalnya. Dalam dua hari ini, Kamis - Jumat (31/3/2023) warga terlihat sangat antusias untuk membawa anjing dan kucing peliharaannya untuk divaksin ataupun disterilisasi dan kastrasi. 

"Bagus, kalo bisa rutin saja dilakukan kegiatan seperti ini apalagi gratis, warga pasti lebih antusias untuk merawat hewan peliharaannya," kata Artayasa salah seorang warga Duda Utara. 

Kepala Dinas Pertanian Pangan dan Perikanan Karangasem, I Nyoman Siki Ngurah yang turun langsung melihat jalannya pelaksanaan HPR ini mengatakan, kegiatan ini merupakan salah satu upaya yang dilakukan untuk menekan kasus rabies di Karangasem disamping melakukan upaya melalui edukasi dan pemberian informasi kepada masyarakat tentang rabies. 

"Kita terus berupaya untuk mensosialisasikan kepada seluruh masyarakat sehingga masyarakat semakin sadar bahwa Anjing itu harus sehat kalau kita mau selamat dan berikutnya kita juga kerjasama dengan berapa Yayasan salah satunya adalah Seva Bhuana yang hari ini melakukan depopulasi anjing melalui sterilisasi dan kastrasi," kata Siki Ngurah. 

Ia berharap, kegiatan-kegiatan seperti ini bisa terus dilakukan secara berkala di beberapa desa yang tentunya terjadi kasus gigitan tinggi atau memiliki populasi anjing yang tinggi sehingga dari kegiatan HPR ini bisa mengendalikan perkembangbiakan anjing.

Editor: Robby

Reporter: bbn/krs



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritabali.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Bali.
Ikuti kami