search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
Dokumen Pentagon Bocor Beber Intelijen AS Awasi Cina, Beijing Jengkel
Kamis, 13 April 2023, 08:01 WITA Follow
image

beritabali.com/cnnindonesia.com/Dokumen Pentagon Bocor Beber Intelijen AS Awasi Cina, Beijing Jengkel

IKUTI BERITABALI.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITABALI.COM, DUNIA.

Cina jengkel usai mengetahui selama ini Amerika Serikat memantau gerak-gerik mereka termasuk potensi mengirim senjata ke Rusia, hubungan Negeri Tirai Bambu dengan negara lain, dan aktivitas militer.

Protes itu mencuat setelah Beijing mengetahui serangkaian dokumen AS yang bocor berisi soal pemantauan mereka terhadap Cina.

"[AS] melakukan pemantauan rahasia tanpa pandang bulu. Amerika Serikat harus menjelaskan ini kepada komunitas internasional," kata juru bicara Kementerian Luar Negeri Cina Wang Wenbin, Rabu (12/4), seperti dikutip CNN.

Serangkaian dokumen Kementerian Pertahanan AS (Pentagon) yang bocor mendeskripsikan soal pejabat intelijen Washington mengawasi Cina.

CNN telah meninjau 53 dokumen yang bocor yang tampaknya dibuat pertengahan Februari dan awal Maret. Dari jumlah itu, banyak berkas yang dibuat intelijen Staf Gabungan atau J2.

Beberapa dokumen itu menunjukkan beberapa pejabat pertahanan intelijen mengumpulkan informasi soal Cina.

AS menganggap Cina sebagai "tantangan jangka panjang paling serius bagi tatanan internasional."

Dokumen itu juga berisi aktivitas Cina terkait potensi keterlibatan negara tersebut dalam perang di Ukraina, seperti yang selama ini dikhawatirkan AS.

Cina selaku mitra strategis Rusia disebut akan memberikan dukungan ke Kremlin dalam upaya perang mereka di Ukraina.

Salah satu dokumen menyebutkan Cina bisa menggunakan serangan signifikan Ukraina sebagai alasan membantu Rusia.

"Sebagai peluang untuk menjadikan NATO sebagai agresor, dan bisa meningkatkan bantuannya ke Rusia, jika menganggap serangan itu signifikan," demikian isi salah satu dokumen itu.

Isi dokumen juga menyatakan, "Cina akan merespons lebih kuat dan kemungkinan besar meningkatkan skala dan ruang lingkup material yang siap diberikan ke Rusia jika serangan Ukraina menghantam lokasi dengan nilai strategis tinggi atau tampaknya menargetkan para pemimpin senior Rusia."

Pejabat AS sebelumnya menyatakan enggan memberi sistem rudal jarak jauh ke Ukraina. Mereka khawatir pasukan Ukraina akan menggunakan senjata itu menyerang wilayah Rusia.

Ukraina sementara itu, berjanji tak menggunakan senjata yang disediakan AS untuk menghantam Rusia.

Menurut dokumen itu, Cina akan melihat serangan signifikan Ukraina yang menggunakan senjata AS atau NATO sebagai indikasi Washington bertanggung jawab atas eskalasi di Eropa Timur itu.

"[ini menjadi]" pembenaran lebih lanjut bagi Cina untuk memberikan bantuan senjata mematikan ke Rusia," ungkap dokumen itu.

Selama ini, AS berulang kali memperingatkan Cina agar tak memasok bantuan ke Rusia. Menurut mereka, awal tahun ini pemerintah Beijing tengah mempertimbangkan memberikan bantuan mematikan ke Kremlin.

AS dan sekutunya belum mengatakan bahwa Cina telah memberikan bantuan semacam itu, dan Beijing telah membantah klaim tersebut. Namun, itu telah memperkuat hubungan ekonomi dengan Rusia selama setahun terakhir.

Selain soal potensi bantuan Cina ke Rusia, dokumen yang bocor juga mengungkapkan pemantauan AS terhadap pengembangan senjata dan aktivitas militer Negeri Tirai Bambu.

Di salah satu dokumen mencatat uji coba penerbangan pengembangan DF-27 pada 25 Februari lalu. AS menggambarkan senjata itu sebagai kendaraan luncur hipersonik kelas rudal balistik jarak menengah.

Menurut para ahli, rudal dengan kendaraan meluncur hipersonik dirancang agar peluru kendali terbang lima kali kecepatan suara dan bisa bermanuver di udara. Dengan demikian, rudal ini tak bisa ditembak jatuh.

Senjata tersebut, memiliki "kemungkinan tinggi" menembus pertahanan rudal AS, lanjut dokumen itu.

China dianggap memiliki program pengembangan senjata hipersonik tercanggih di dunia.

Catatan di dokumen juga menunjukkan AS mengumpulkan informasi soal interaksi negara lain dengan Cina melalui intelijen sinyal.

Intelijen sinyal mencakup komunikasi yang dicegat dan berasal dari sinyal serta sistem elektronik yang digunakan target asing, seperti sistem komunikasi, radar, dan sistem senjata.

Berkenaan dengan intelijen sinyal itu, salah satu dokumen mencatat Kementerian Luar Negeri Yordania berusaha meyakinkan Cina untuk melanjutkan kerja sama di bidang ekonomi.

Keinginan itu muncul usai Beijing dilaporkan mengeluh perusahaanya tak terlibat dalam peluncuran 5G di Yordania.

Negara lain, Nikaragua dilaporkan sedang bernegosiasi dengan perusahaan Cina untuk membangun pelabuhan laut di pantai Karibia.

Laporan itu juga menyebutkan Nikaragua mungkin akan mempertimbangkan menawarkan akses Angkatan Laut ke Cina dengan imbalan investasi ekonomi.(sumber: cnnindonesia.com)

Editor: Juniar

Reporter: bbn/net



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritabali.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Bali.
Ikuti kami