search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
Zelensky Jawab Putin Soal Serangan Balasan Besar-besaran Ukraina
Minggu, 11 Juni 2023, 12:52 WITA Follow
image

beritabali.com/cnnindonesia.com/Zelensky Jawab Putin Soal Serangan Balasan Besar-besaran Ukraina

IKUTI BERITABALI.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITABALI.COM, DUNIA.

Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky menyebut pasukan negaranya tengah melancarkan serangan balasan sebagai tindakan defensif terhadap pasukan Rusia. Zelensky juga mengungkapkan, para komandan militernya memandang "positif" tentang pertempuran sengit di sepanjang garis depan.

Dalam konferensi pers di Kyiv, Zelensky bersama Perdana Menteri Kanada, Justin Trudeau, menanggapi pernyataan komentar Presiden Rusia, Vladimir Putin, yang sehari sebelumnya mengatakan serangan balasan Ukraina telah dimulai dan pasukan Ukraina mengalami kerugian yang signifikan.

"Serangan balasan sebagai tindakan defensif sedang berlangsung di Ukraina. Saya tidak akan berbicara tentang tahap atau fase di mana mereka berada," ujar Zelensky, seperti dilansir AP News.

Otoritas tertinggi Ukraina telah berhenti mengumumkan bahwa serangan balasan besar-besaran sedang berlangsung, meskipun beberapa analis Barat mengatakan terjadinya pertempuran yang lebih sengit. Laporan tentang penggunaan pasukan cadangan juga menunjukkan hal tersebut.

"Saya menghubungi semua komandan kami dari arah yang berbeda setiap hari," kata Zelensky sambil menyebut lima pemimpin militer utama Ukraina. "Semua orang positif. Sampaikan ini pada Putin," tambahnya.

Trudeau sendiri jadi, pemimpin asing pertama yang mengunjungi Ukraina sejak banjir dahsyat yang disebabkan oleh jebolnya bendungan Sungai Dnieper. Dia menawarkan dukungan moneter, militer, dan moral terhadap Ukraina. 

Trudeau menjanjikan 500 juta dolar Kanada (US$375 juta) dalam bantuan militer baru dan mengumumkan 10 juta dolar Kanada (US$7,5 juta) ) untuk bantuan kemanusiaan untuk penanggulangan banjir.

Staf Umum Ukraina mengatakan pada Sabtu (10/6) bahwa "pertempuran sengit" sedang berlangsung, dengan 34 bentrokan pada hari sebelumnya di bagian timur Ukraina. Tanpa merinci, Staf Umum Ukraina mengungkapkan pasukan Rusia tengah bertahan dan meluncurkan serangan udara dan artileri di wilayah selatan Kherson dan Zaporizhzhia di Ukraina.

Ukraina mendapat suntikan bantuan dari Barat baru-baru ini, berupa dari peralatan militer bernilai miliaran dolar, yang beberapa di antaranya berteknologi tinggi dan canggih. Hal ini telah meningkatkan harapan tentang kapan bantuan itu akan digunakan, dan apa pengaruhnya terhadap Rusia.

Selama berbulan-bulan, komandan Ukraina di kota timur Bakhmut, telah menggunakan bahasa operasi serangan balik dan pertahanan untuk menggambarkan aktivitas di sana.

Bakhmut sendiri sebagian besar telah hancur dalam pertempuran selama berbulan-bulan, di mana lokasi itu jadi salah satu pertempuran perang paling berdarah antara tentara Rusia dengan Ukraina.(sumber: cnnindonesia.com)

Editor: Juniar

Reporter: bbn/net



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritabali.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Bali.
Ikuti kami