search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
Hindari 6 Makanan Ini Saat Merasa Tidak Enak Badan
Kamis, 24 Agustus 2023, 07:34 WITA Follow
image

beritabali.com/cnbcindonesia.com/Hindari 6 Makanan Ini Saat Merasa Tidak Enak Badan

IKUTI BERITABALI.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITABALI.COM, NASIONAL.

Saat tubuh sedang tidak sehat, umumnya kita mengalami nafsu makan berkurang. Hal ini bisa menyulitkan Anda untuk mendapat asupan makanan bergizi. Namun ternyata dalam kondisi tersebut juga ada makanan yang pantang untuk dikonsumsi.

Inna A. Husain, MD, direktur medis di Community Hospital di Munster, Indiana, AS mengatakan bahwa ada beberapa makanan yang wajib dihindari agar cepat sembuh. Berikut adalah daftar makanan tersebut melansir Well and Good.

1. Makanan mengandung gula

Nomor satu dalam daftar Dr. Husain adalah makanan mengandung gula tambahan. Sebab gula adalah penyebab utama yang terkait dengan peningkatan peradangan.

"Sudah lama diketahui bahwa gula berkontribusi terhadap peradangan karena efeknya pada sel darah putih dan sistem kekebalan tubuh kita. Saat Anda tidak enak badan, flu dan saluran napas bagian atas Anda meradang, sebaiknya hindari makanan tinggi gula," kata Dr. Husain.

2. Alkohol

Alkohol harus dihindari dalam bentuk apapun. Sebab, sama seperti gula, alkohol berkontribusi terhadap peradangan, memengaruhi sel darah putih, dan menyebabkan dehidrasi.

Dr Husain juga mencatat bahwa alkohol dapat berinteraksi negatif dengan banyak resep dan obat flu yang dijual bebas.

"Selain itu, alkohol tertentu, seperti bir dan anggur, mengandung histamin tingkat tinggi yang dapat menyebabkan hidung tersumbat lebih parah," katanya.

3. Susu

Produk susu dianggap dapat memperburuk pilek dan batuk karena bisa meningkatkan produksi lendir. Namun, berbagai penelitian yang ada menunjukkan hasil berbeda-beda.

Sebaliknya, lemak dalam produk susu bercampur dengan sekresi saluran napas dan dapat menghasilkan campuran yang kental dan lengket. Hal ini dapat melapisi tenggorokan dan membuat Anda semakin tidak nyaman serta merasa perlu untuk membersihkannya lebih lanjut, yang selanjutnya dapat mengiritasi tenggorokan.

4. Makanan Pedas

Hindari makanan pedas saat tenggorokan terasa sakit di tengah flu dan pilek yang menyerang.

"Saya menyarankan untuk menghindari makanan pedas jika Anda sedang sakit tenggorokan atau sakit perut karena bumbu dapat semakin mengiritasi jaringan di tenggorokan dan perut," kata Dr. Husain.

Dia juga mencatat bahwa makanan pedas dapat meningkatkan refluks asam, yang semakin mengiritasi tenggorokan yang meradang.

Namun, jika pilek Anda terutama berhubungan dengan sinus, makanan pedas mungkin bisa bertindak sebagai dekongestan alami karena mengandung capsaicin (senyawa dalam cabai yang membuatnya pedas), yang berpotensi membantu melancarkan drainase sinus.

5. Roti

Menurut dr Husain, karbohidrat olahan seperti roti bisa memicu peradangan, mirip dengan reaksi saat mengonsumsi olahan manisan.

"Karbohidrat olahan, seperti pada roti putih atau makanan asin, dipecah menjadi gula dengan cepat, sehingga dapat menimbulkan efek peradangan yang sama seperti pada minuman manis dan makanan ringan," katanya.

6. Jus Jeruk

Meskipun jeruk mengandung banyak vitamin C di dalamnya, jeruk yang asam sebaiknya tidak dikonsumsi saat sedang tidak enak badan. Jeruk yang asam ini dapat menimbulkan refluks asam yang kemudian memicu batuk.

Meskipun naluri pertama Anda mungkin adalah meminum jus jeruk saat merasakan rasa gatal di tenggorokan, Dr. Husain mengatakan jus jeruk lebih seperti pedang bermata dua.

"Jus jeruk mengandung vitamin C, yang baik untuk sistem kekebalan tubuh Anda, tapi jus terkenal memiliki kandungan gula yang tinggi," katanya.

Selain itu, jeruk juga dapat memperparah rasa tidak nyaman di tenggorokan, terutama jika Anda sedang sakit tenggorokan karena kandungan asamnya yang tinggi, oleh karena itu Dr. Husain menganjurkan untuk menghindarinya saat sakit.

Di sisi lain, Dr. Husain merekomendasikan untuk tetap terhidrasi dengan baik dengan air putih saja, makan makanan tinggi serat (seperti biji-bijian), dan mengonsumsi makanan yang lebih lembut yang tidak akan mengiritasi mukosa dan jaringan tenggorokan untuk membantu mengurangi efek samping dari flu yang mengganggu.(sumber: cnbcindonesia.com)

Editor: Juniar

Reporter: bbn/net



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritabali.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Bali.
Ikuti kami