search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
Rusia Klaim Tak Abaikan Dugaan Pembunuhan Berencana di Kasus Prigozhin
Kamis, 31 Agustus 2023, 09:12 WITA Follow
image

beritabali.com/cnnindonesia.com/Rusia Klaim Tak Abaikan Dugaan Pembunuhan Berencana di Kasus Prigozhin

IKUTI BERITABALI.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITABALI.COM, DUNIA.

Rusia menyatakan penyelidik bakal memeriksa semua kemungkinan penyebab kecelakaan pesawat yang menewaskan bos Wagner Yevgeny Prigozhin pekan lalu, termasuk dugaan pembunuhan berencana.

Juru bicara Kremlin Dmitry Peskov mengonfirmasi hal itu dengan mengatakan para pejabat yang menyelidiki insiden itu tidak bakal mengesampingkan kemungkinan adanya pelanggaran di balik kecelakaan tersebut.

"Jelas ada versi yang berbeda-beda, termasuk versi yang itu, kamu tahu apa yang sedang kita bicarakan di sini, katakan saja kejahatan yang disengaja, dan seterusnya," kata Peskov seperti diberitakan AFP, Rabu (30/8).

Kecelakaan pesawat itu diselidiki Komite Investigasi Rusia. Peskov pun memastikan tidak akan ada pandangan internasional terhadap penyelidikan tersebut.

Pihak berwenang Rusia menyelidiki hal itu, terutama setelah Kremlin disebut-sebut sebagai pihak yang bertanggung jawab atas pimpinan tentara bayaran yang melancarkan pemberontakan terhadap pemerintahan Vladimir Putin beberapa bulan lalu.

Rusia menolak anggapan pihaknya mengatur kecelakaan itu sebagai balas dendam atas demonstrasi Wagner di Moskow pada Juni 2023.

Tak hanya itu, para pejabat juga disebut sedang menyelidiki kemungkinan pelanggaran lalu lintas udara tetapi belum mengungkapkan rinciannya.

Prigozhin pekan lalu tewas setelah jet pribadinya jatuh bersama sembilan orang lainnya dengan rute penerbangan Moskow ke Saint Petersburg. Jet itu sempat terbang di ketinggian 28.000 kaki sebelum jatuh.

Berdasarkan hasil investigasi awal, identitas 10 orang yang tewas telah diketahui, sesuai dengan daftar yang tercantum dalam lembar penerbangan.

Daftar penumpang itu yakni Sergey Propustin, Evgeniy Makaryan, Aleksandr Totmin, Nikolay Matuseev, Valeriy Chekalov selaku bawahan Prigozhin, Dmitriy Utkin tangan kanan Prigozhin, dan Prigozhin.

Prigozhin telah dimakamkan pada Selasa (29/8) dengan detail yang dirahasiakan.

Outlet berita independent Agentstvo mengutip seorang pekerja pemakaman menyebut hanya 20 hingga 30 teman dan keluarga yang hadir di pemakaman. Upacara pemakaman juga hanya berlangsung sekitar 40 menit.

Warga Rusia memberikan penghormatan kepada Prigozhin pada hari Rabu setelah penegak hukum mencabut penjagaan di sekitar pemakaman setelah prosesi pada hari sebelumnya.(sumber: cnnindonesia.com)

Editor: Juniar

Reporter: bbn/net



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritabali.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Bali.
Ikuti kami