search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
Profil Rustem Umerov, Muslim Tatar Calon Menhan Ukraina Ahli Negosiasi
Selasa, 5 September 2023, 10:43 WITA Follow
image

beritabali.com/cnnindonesia.com/Profil Rustem Umerov, Muslim Tatar Calon Menhan Ukraina Ahli Negosiasi

IKUTI BERITABALI.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITABALI.COM, DUNIA.

Presiden Ukraina, Volodymyr Zelensky, beberapa saat lalu menunjuk Menteri Pertahanan Ukraina baru, Rustem Umerov.

Rustem Umerov akan menggantikan posisi Oleksii Reznikov yang dicopot dari jabatan Menhan akibat dugaan korupsi dalam militer di tengah perang dengan Rusia.

Berikut profil dari Rustem Umerov, Menhan baru Ukraina.

Umerov adalah pria Muslim berusia 41 Tahun yang berprofesi sebagai politikus, pengusaha, investor, dan dermawan Ukraina yang berasal dari Tatar Krimea, bangsa Turki.

Umerov lahir dari keluarga yang mengalami deportasi dari Krimea Soviet pada tahun 1940. Rustem membangun kariernya dengan memimpin di perusahaan telekomunikasi pada Tahun 2004.

Umerov bersama Aslan Omer Qirimli lalu mendirikan perusahaan investasi ASTEM dan yayasan ASTEM Tahun 2013.

Perusahaan investasi ASTEM menangani di bidang telekomunikasi, teknologi informasi, dan infrastruktur menara komunikasi serta jaringan serat optik.

Dikutip dari portal Universitas Stanford, yayasan ASTEM merupakan salah satu pihak yang mendanai program Pemimpin Berkembang Ukraina (UEL) di Universitas Stanford.

Umerov masuk dalam parlemen Tahun 2019 menjadi wakil rakyat Ukraina di bawah Partai Holos, partai politik liberal dan pro-Eropa di Ukraina.

Sebagai wakil rakyat, Umerov mempelopori 1.000 pembangunan apartemen bagi pengungsi Tatar Krimea, menulis rancangan undang-undang pembayaran tagihan rumah sakit kepada dokter akibat Covid-19, dan menulis rancangan undang-undang pengakuan bagi orang tanpa kewarganegaraan.

Sejak Tahun 2020, Umerov terpilih sebagai ketua inisiatif diplomatik Platform Krimea, koordinasi internasional untuk memulihkan hubungan Ukraina-Rusia.

Kiprah Umerov dalam melakukan negosiasi memang tidak perlu diragukan lagi. Rustem mengambil bagian penting di perundingan kesepakatan Gandum Laut Hitam dan pertukaran tahanan, termasuk pejuang Azov Ukraina.

Sebelumnya, pada September 2020, Umerov terpilih menjadi kepala Dana Milik Negara, sebuah lembaga yang menjual aset milik negara. Dikutip dari The Guardian News, posisi ini sangat berat di Ukraina karena termasuk institusi yang sedang terperosok dalam jerat korupsi.

Umerov berhasil meluncurkan kembali penjualan properti negara yang mencetak rekor pendapatan negara selama perang.(sumber: cnnindonesia.com)

Editor: Juniar

Reporter: bbn/net



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritabali.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Bali.
Ikuti kami