search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
Kebakaran Hutan Merembet ke Wilayah Bangli, Hanguskan Dua Hektare Lahan
Kamis, 28 September 2023, 11:45 WITA Follow
image

beritabali/ist/Kebakaran Hutan Merembet ke Wilayah Bangli, Hanguskan Dua Hektare Lahan.

IKUTI BERITABALI.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITABALI.COM, BANGLI.

Akibat cuaca panas dan angin kencang, kebakaran yang terjadi di wilayah Karangasem dan Buleleng merembet hingga wilayah kabupaten Bangli. Akibat medan yang sangat sulit dijangkau, pemadaman pun dilakukan secara manual.

Kabid logistik dan kedaruratan BPBD Bangli, I Ketut Agus Sutapa mengatakan, titik api pertama kali muncul sekitar pukul 13.00 WITA berada di hutan kawasan Munti Gunung, Kecamatan Kubu, Karangasem. 

Karena cuaca panas disertai angin kencang, api dengan cepat merambat naik membakar semak belukar dan pepohonan di kawasan hutan Belongan Bekul, Banjar Alengkong Desa Songan.  

Kawasan ini merupakan hutan yang berbatasan dengan wilayah Kabupaten Karangasem. Akibat kejadian ini, total kawasan hutan yang terbakar mencapai 2 hektare.

Di waktu yang bersamaan, kejadian serupa juga terjadi di kawasan hutan Munduk Nyam wilayah Desa Pinggan, Kecamatan Kintamani. Titik kebakaran mulanya berlokasi berada di wilayah Dusun Gretek, Desa Sambirenteng, Kecamatan Tejakula, Buleleng.

Embusan angin kencang ditambah wilayah sekitar yang kering, mengakibatkan api dengan cepat menjalar ke kawasan hutan Munduk Nyam, Desa Pinggan yang menghanguskan 1 hektare lahan.

Berkat kerjasama dan kerja keras tim gabungan beserta masyarakat, api dapat dipadamkan, walaupun dilakukan dengan menggunakan alat seadanya, dengan membuat sekat, sehingga api tidak meluas.

Sampai saat ini petugas gabungan terus melakukan pemantauan guna menghindari terjadinya kembali karhutla.

Editor: Robby

Reporter: bbn/bli



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritabali.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Bali.
Ikuti kami