search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
Anak Binaan LPKA Karangasem Diajak Ngayah Mereresik di Pura Goa Lawah
Rabu, 15 November 2023, 09:28 WITA Follow
image

beritabali/ist/Anak Binaan LPKA Karangasem Diajak Ngayah Mereresik di Pura Goa Lawah.

IKUTI BERITABALI.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITABALI.COM, KARANGASEM.

Anak-anak binaan Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA) Kelas II Karangasem, kembali melaksanakan program “Ngayah Ceria”. Kali ini, mereka diajak ngayah mereresik di Pura Goa Lawah, Desa Pesinggahan, Kecamatan Dawan, Kabupaten Klungkung pada Selasa (14/11/2023). 

Kepala Seksi Pembinaan LPKA Kelas II Karangasem, I Wayan Nova Puspa Adi mengatakan, program Ngayah Ceria ini merupakan salah satu program LPKA Kelas II Karangasem, dimana dalam pelaksanaannya melalui kegiatan membersihkan lingkungan tempat suci sekaligus juga sebagai ajang rekreasi bagi anak binaan. 

“Kegiatan ini juga sebagai pemenuhan hak anak binaan dalam reintegrasi sosial yang bertujuan untuk mengembalikan rasa kepercayaan diri anak binaan agar siap kembali ke lingkungan masyarakat setelah menjalani masa pembinaan di LPKA Kelas II Karangasem seperti diatur dalam undang-undang nomor 22 tahun 2022 tentang pemasyarakatan Pasal 12 Huruf, memuat sejumlah hak bagi anak binaan,” ujarnya.

Selain itu, melalui program “Ngayah Ceria” ini juga sekaligus untuk mengimplementasikan pelaksanaan Tri Hita Karana, khususnya Parahyangan yaitu meningkatkan hubungan harmonis antara manusia dengan Sang Pencipta dengan persembahyangan sebelum kegiatan dimulai.

Kaitannya dengan Pawongan yaitu keharmonisan antara manusia dengan manusia tercermin dari tahap-tahap pembersihan yang dilaksanakan secara bergotong royong. Sedangkan dari sisi Palemahan, hubungan yang harmonis antara manusia dengan alam diwujudkan dengan kepedulian terhadap kebersihan lingkungan.

Editor: Robby

Reporter: bbn/krs



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritabali.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Bali.
Ikuti kami