search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
2024, Anggaran Pemeliharaan dan Perbaikan Pasar di Karangasem Nihil
Sabtu, 13 Januari 2024, 15:05 WITA Follow
image

beritabali/ist/2024, Anggaran Pemeliharaan dan Perbaikan Pasar di Karangasem Nihil.

IKUTI BERITABALI.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITABALI.COM, KARANGASEM.

Dinas Koperasi UMKM Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Karangasem tidak bisa melakukan perbaikan maupun pemeliharaan terhadap belasan pasar rakyat yang dikelola oleh Pemkab Karangasem pada tahun 2024 ini. 

Kondisi ini diakui oleh Kepala Dinas Koperindag UMKM Karangasem, I Gede Loka Santika saat dikonfirmasi, Sabtu (13/1/2024). Menurutnya, setiap tahun pihaknya selalu merancang usulan anggaran berdasarkan kebutuhan yang disampaikan oleh masing-masing kepala pasar terkait pemeliharaan kondisi pasar. 

Hanya saja pada APBD induk tahun 2024 ini, Diskoperindag tidak mendapatkan anggaran sepeser pun untuk perbaikan maupun pemeliharaan pasar di Karangasem. Meski demikian, jika ada perbaikan kecil untuk pasar yang dikerjasamakan dengan pihak desa adat maka akan dikoordinasikan dengan pihak adat untuk perbaikannya. 

"Ya benar, pada APBD 2024 (induk) untuk perbaikan maupun pemeliharaan pasar tidak ada, kita tidak tahu apa penyebabnya, pasti tentu ada skala prioritas dalam hal ini," kata Loka Santika.

Secara umun kondisi pasar yang dikelola oleh Pemkab Karangasem cukup baik terutama 3 Pasar yang dikelola sepenuhnya yaitu Pasar Amlapura Timur dan Barat serta Pasar Subagan. Namun diakui memang ada pasar rakyat seperti Pasar Rakyat Menanga di Kecamatan Rendang yang sedang membutuhkan perbaikan pascamusibah kebakaran yang menghanguskan sejumlah ruko beberapa bulan yang lalu. 

"Ini masih dihitung oleh PU, berapa anggaran yang dibutuhkan untuk perbaikan Pasar Menanga, perbaikan tidak bisa dilakukan pada APBD induk karena kejadiannya sudah selesai pembahasan, semoga nanti di perubahan bisa dianggarkan," terang Loka Santika. 

Untuk diketahui, ada 18 pasar rakyat yang dikelola Pemkab Karangasem. Dari 18 pasar rakyat tersebut, 3 pasar diantaranya dikelola sepenuhnya oleh Pemkab Karangasem sementara sisanya dikerjasamakan dengan pihak desa adat.

Editor: Robby

Reporter: bbn/krs



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritabali.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Bali.
Ikuti kami