search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
5 Kebiasaan Yang Menyebabkan Ambeien, Nongkrong Lama di Toilet
Kamis, 25 Januari 2024, 14:10 WITA Follow
image

beritabali.com/cnnindonesia.com/5 Kebiasaan Yang Menyebabkan Ambeien, Nongkrong Lama di Toilet

IKUTI BERITABALI.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITABALI.COM, NASIONAL.

Ternyata kebiasaan yang terlihat sepele berikut bisa menyebabkan ambeien. Apa saja?

Ambeien merupakan kondisi pembesaran dan pembengkakan pembuluh vena di luar anus atau rektum (bagian ujung usus yang mengarah ke anus) bagian bawah.

Wasir atau ambeien bisa terasa nyeri dan sangat mengganggu jika terjadi berulang. Ambeien terbilang jarang jadi kasus serius dan biasanya gejala bisa hilang dalam beberapa hari.

Penyebab dari ambeien sendiri belum diketahui secara pasti, namun kondisi ini diduga terjadi ketika tekanan pada perut atau tungkai meningkat.

Peningkatan tekanan tersebut kemudian menyebabkan pembuluh darah di sekitar anus menjadi bengkak dan meradang.

Kebiasaan yang menyebabkan ambeien

Melansir berbagai sumber, berikut ini sejumlah kebiasaan yang bisa menyebabkan ambeien atau wasir.

1. Mengangkat benda berat

Anda mungkin merasa percaya diri bisa mengangkat kursi besar sendirian atau galon air. Namun kebiasaan ini bisa meningkatkan beban pada rektum dan membuat pembuluh darah membengkak seperti balon dan muncullah ambeien.

Sayangnya, tidak ada cara pasti untuk menghindari hal ini sepenuhnya. Namun coba angkat benda berat dengan cara yang benar. Lutut yang harus menanggung beban, bukan punggung.

2. Duduk di toilet terlalu lama

Suka 'nongkrong' di toilet dalam waktu lama? Coba kurangi kebiasaan ini sebab bisa memicu ambeien.

Sebagian orang suka berlama-lama duduk di toilet meski sudah selesai buang air. Duduk terlalu lama mengakibatkan gravitasi memberi tekanan berlebihan pada pembuluh darah.

3. Asupan minim serat

Diet turut jadi faktor penyebab ambeien. Jika asupan harian minim serat, feses bisa terlalu keras dan buang air besar kurang lancar.

Serat diperlukan untuk membantu menggembungkan dan melunakkan feses sehingga mengalir lancar lewat saluran pencernaan.

"Mengonsumsi serat dalam jumlah yang cukup, baik melalui makanan, suplemen, atau kombinasinya menyebabkan feses menjadi lebih besar, yang kemudian umumnya menjadi lebih lunak," jelas David Greenwald, direktur gastroenterologi klinis dan endoskopi di Mount Sinai Hospital, mengutip dari The Healthy.

4. Diare

Rupanya tak hanya sembelit, melansir dari Mayo Clinic, diare pun bisa memicu ambeien. Diare jadi kebiasaan yang menyebabkan ambeien.

Buang air besar beberapa kali sehari berarti membuat seseorang menghabiskan banyak waktu di toilet. Penyebab diare perlu diatasi agar ambeien dapat dicegah.

5. Malas olahraga

Mempertahankan berat badan sehat dengan olahraga teratur jadi cara menghindari ambeien. Greenwald berkata olahraga teratur membantu meningkatkan fungsi usus.

Riset yang diterbitkan di International Journal of Colorectal Disease menemukan hubungan antara indeks massa tubuh (IMT) dan ambeien. Untuk setiap peningkatan poin IMT, orang dewasa berisiko 3,5 persen lebih tinggi sakit ambeien.

Kelebihan berat badan memberikan tekanan ekstra pada area anus. Dengan kata lain, malas olahraga dapat dikatakan sebagai kebiasaan yang menyebabkan ambeien.(sumber: cnnindonesia.com)
 

Editor: Juniar

Reporter: bbn/net



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritabali.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Bali.
Ikuti kami