search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
Momen Gibran Diwejangi Kakawin Adiparwa Mahabharata di Pantai Mertasari Sanur
Sabtu, 27 Januari 2024, 14:03 WITA Follow
image

beritabali/ist/Momen Gibran Diwejangi Kakawin Adiparwa Mahabharata di Pantai Mertasari Sanur.

IKUTI BERITABALI.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITABALI.COM, DENPASAR.

Setelah bertemu dan menyerap aspirasi pelaku ekonomi kreatif (ekraf) di Denpasar, Bali pada Jumat (26/1/2024) malam, calon wakil presiden (cawapres) pasangan calon (paslon) nomor urut 02 Gibran Rakabuming Raka melanjutkan kunjungannya di Pantai Mertasari pada Sabtu (27/1/2024) pagi.

Kedatangan Gibran di Pantai Mertasari sekitar pukul 07.30 WITA disambut beleganjur yang meriah dan simpatisan serta pendukung paslon Prabowo-Gibran di Bali. Setibanya di pantai Gibran menyapa pendukung sambil bersama-sama membersihkan sampah yang berada di pantai. 

Menariknya, ada momen Gibran yang didampingi istri, Selvi Ananda berada di bale bengong pantai yang memang sengaja disediakan oleh panitia untuk mengenalkan warisan leluhur Bali melalui pembacaan kakawin dan menelaah karakter diri berdasarkan oton. Gibran bahkan juga sempat mengolah bahan rempah-rempah tradisional Bali semacam jamu yang disebut loloh yang disesuaikan dengan waktu oton kelahiran.

Dalam bale tersebut Gibran dan Selvi ditemani seorang pelaku pariwisata yang bergerak dalam bidang living museum, Gus Agung Gunarthawa.   

"Pagi tadi mengawali hari di Pantai Sanur Bali dengan serangkaian kegiatan tradisi mulai dari mendengarkan pembacaan Adiparwa sebagai Parwa atau Episode pertama dan utama dari Itihasa Mahabharata, yang menjadi bukti betapa luhur dan kayanya literasi dan budaya tutur nusantara," cuit Gibran dalam twitter atau platform X usai kegiatan.

Gus Agung Gunarthawa atau akrab dipanggil Gus Agung mengatakan dalam sesi di bale tersebut merupakan kesadaran Gibran bagaimana regenerasi tradisi ini kembali menjadi perhatian generasi muda yang mulai mengembangkan, memahami dan menjabarkan kebuadayaan dan sumber literasi menjadi sesuatu yang terkait dengan kehidupan saat ini.

Gus Agung sempat membacakan kakawin dalam salah satu episode Mahabharata yakni Adiparwa yang sebagai episode utama dalam epos tersebut. 

"Dari situ kami turunkan dari budaya ke konteks wellness experience. Untuk konteks wellnes Bali kami sudah punya konsep Ayurweda, Usadha kami juga perdalam lagi, relevansi dengan kelahiran, base of oton yakni semacam SWOT analitic kelahiran kita, kelemahan kita, kekuatan kita apa. Kalau concern kita minimize weakness dalam konteks kesehatan maka disesuaikan vegetasi jamu yang nanti dibuat loloh apa," jelas pria asal Karangasem itu.

Selain itu, jika dikaitkan dengan gerakan yoga, Gus Agung menyebut Bali sebenarnya telah memiliki kearifan lokal yang lekat dengan keseharian seperti bagaimana membuat sesajen, tari-tarian dalam upacara serta memainkan musik sebenarnya sudah termasuk dalam pemusatan pikiran atau konsentrasi.

Dalam sesi di bale tersebut, terlihat Gibran menikmati waktunya berdialog. Namun sayang, karena waktu yang terbatas, Gibran mesti melanjutkan sesi berikutnya untuk berkumpul dengan pendukung dan sarapan nasi jinggo bersama.

Sementara, Ketua Tim Kampanye Daerah (TKD) Prabowo-Gibran Bali Made Muliawan Arya alias De Gadjah menuturkan kegiatan bertajuk Gibran Suryaning Sanur di Pantai Mertasari bertujuan untuk menyapa dan berinteraksi dengan masyarakat di daerah destinasi wisata khususnya Sanur.

Dengan melihat matahari terbit dari Sanur ini, menurutnya diharapkan lahir pemimpin baru yang memberikan sinar bagi rakyatnya agar masa depan bangsa Indonesia lebih cerah. Selain itu, Pantai Mertasari dipilih karena menawarkan pemandangan laut yang indah dengan pasir putih yang lembut. Pantai ini memberikan suasana yang tenang dan damai, cocok untuk mencari inspirasi.

Selain baleganjur, acara tersebut dimeriahkan sejumlah musisi dan band lokal Bali diantaranya Ray Peni, White Rose, The Small Axe, Made Gimbal, Meiska, radio Tegangan Tinggi. 

Disamping itu ada juga sesi mural art, Kita Poleng, kolaborasi beleganjut dan rangda, yoga, live painting, reflexology, dan temu komunitas dengan doorpize 2 unit motor.   

Editor: Robby

Reporter: Gerindra Bali



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritabali.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Bali.
Ikuti kami