search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
Denpasar Terus Dorong Digitalisasi Teknologi pada DTIK Festival 2024
Sabtu, 30 Maret 2024, 09:16 WITA Follow
image

beritabali/ist/Denpasar Terus Dorong Digitalisasi Teknologi pada DTIK Festival 2024.

IKUTI BERITABALI.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITABALI.COM, DENPASAR.

Dalam rangka mendorong pertumbuhan dan perkembangan teknologi di Kota Denpasar, Pemerintah Kota Denpasar menyelenggarakan DTIK Festival 2024 dengan tema 'Technology for Better Networking' yang bermakna digitalisasi dan teknologi berikan kemudahaan dalam berjejaring serta kolaborasi yang diselenggarakan tanggal 21 – 23 Maret 2024.  

Seremoni Pembukaan DTIK  Festival 2024 yang digelar di Gedung Dharma Negara Alaya Kota Denpasar, Kamis (21/3). Hadir dalam kesempatan tersebut Forkopimda Kota Denpasar, Ketua TP. PKK Kota Denpasar, Ny. Sagung Antari Jaya Negara, Ketua GOW Kota Denpasar, Ny. Ayu Kristi Arya Wibawa, Ketua DWP Kota Denpasar, Ny. Widnyani Wiradana, Pimpinan OPD serta undangan lainya. Tampak pula perwakilan stakeholder yang berasal dari perusahaan swasta, kampus, hingga sekolah di wilayah Kota Denpasar

Walikota Denpasar, I Gusti Ngurah Jaya Negara, menyampaikan bahwa kegiatan ini digelar sebagai upaya mendorong dan mewadahi para pelajar dan generasi muda untuk berinovasi di bidang Teknologi Informasi Komunikasi (TIK). Melalui kegiatan ini, pihaknya berharap generasi muda yang terlibat, bisa bersaing kedepannya, termasuk juga untuk mewujudkan Indonesia Emas  2045.

“Digitalisasi teknologi mempermudah kita dalam berjejaring, mulai dari mempererat kerjasama yang telah terjalin, hingga memungkinkan munculnya jejaring-jejaring baru dalam skala global tanpa terhalang dimensi ruang dan waktu,” ujar Jaya Negara.

Dikatakannya, implementasi teknologi terus dimanfaatkan guna menyempurnakan pelayanan di Kota Denpasar. Hal ini merupakan implementasi misi keempat yakni unggul dalam kualitas SDM, pemanfaatan teknologi dan inovasi menuju keseimbangan pembangunan berbasis Tri Hita Karana, sehingga masyarakat dapat merasakan manfaat yang berkelanjutan.

Dalam pelaksanaan DTIK Fest tahun ini, turut di luncurkan sebuah aplikasi Whistle Blowing System (WBS). Dimana, aplikasi ini merupakan inovasi dalam menjaga integritas ASN di Kota Denpasar. Aplikasi ini juga dapat digunakan untuk melaporkan tindakan dengan indikasi penyelewengan terhadap suatu peraturan, khususnya di lingkungan Pemerintah Kota Denpasar.

“Dengan adanya WBS kami harap ASN di Kota Denpasar dapat menjaga integritas, transparansi dan akuntabilitas di Lingkungan Pemerintah Kota Denpasar,” ujarnya.

“Dengan spirit Vasudaiva Khutumbakam, kami mengajak masyarakat, akademisi, swasta, media dan seluruh stake holder Kota Denpasar untuk bersama-sama memanfaatkan teknologi digital secara bijak dan tepat guna yang berbasis pada Budaya Bali,” imbuh Jaya Negara.

Kepala Dinas Komunikasi Informatika dan Statistik Kota Denpasar Dr. Ida Bagus Alit Adhi Merta S.STP, M.Si didampingi Kepala Bidang Pengelolaan Informasi dan Komunikasi Publik Cokorda Istri Kristina Dewi SS M.Hum dalam kesempatan tersebut menjelaskan bahwa, dalam festival kali ini pihaknya berupaya menghadirkan inovasi terbaru, baik dari kalangan pelayanan publik pemerintah maupun inovasi dari kalangan lembaga pendidikan, start up, swasta maupun komunitas. 

“Ëvent DTIK Fest menjadi wahana kolaborasi perkembangan dan inovasi digital di Kota Denpasar serta ajang kreatifitas seni budaya,” ujarnya.

Dijelaskan Gus Alit, DTIK Fest tahun ini menghadirkan  sebanyak 36 stand Teknologi Informasi dan Komunikasi yang dikordinir oleh Dinas Kominfos, sebanyak 50 stand UMKM yang dikordinir oleh Dinas Koperasi dan UMKM bersama Dinas Pertanian serta Dinas Perikanan, serta Pelaksanaan Workshop sebanyak 16 tema beragam, mulai dari keamanan informasi, pembuatan data, pegiat antihoax dan literasi digital hingga pemanfaatan teknologi digital untuk mendukung ekonomi kreatif serta pelestarian budaya. Tak hanya itu, pelaksanaan kali ini juga menghadirkan panggung hiburan yang dimeriahkan 14 pengisi acara. 

DTIK Fest 2024 juga menggelar beberapa lomba, antara lain lomba e-Sport, lomba logo, dan lomba video pelayanan publik. Kolaborasi juga diwujudkan dengan hadirnya Pameran UMKM dan Kuliner yang digelar Dinas Koperasi dan UMKM di Lapangan Selatan Taman Kota Lumintang serta pameran dan kontes ikan mas koki Bali dan pameran hortikultura yang dihelat Dinas Perikanan dan Ketahanan Pangan di area sekitar Graha Sewaka Dharma.elain itu diisi kegiatan workshop atau lokakarya sebanyak 16 tema beragam, mulai dari keamanan informasi, pembuatan data, pegiat antihoaks dan literasi digital hingga pemanfaatan teknologi digital untuk mendukung ekonomi kreatif serta pelestarian budaya.

Trisna selaku Designer Grafis Koding Akademi mengatakan Acara DTIK Fest 2024 adalah kali keduanya beliau ikuti dan setiap tahunnya selalu terdapat inovasi baru yang membuat anak anak muda harus lebih dapat berinovasi lagi untuk kedepannya. Hari ketiga Event DTIK Festival 2024 juga menghadirkan Konten Ikan Mas Koki yang dihadiri langsung oleh Walikota Denpasar, Wali Kota Denpasar I Gusti Ngurah Jaya Negara mengapresiasi pelaksanaan kontes ini. 

“Senang bisa berkunjung ke Komunitas Ikan Mas Koki Bali serangkaian pelaksaanaan D’TIK Fest 2024,” ujar Wali Kota Denpasar I Gusti Ngurah Jaya Negara didampingi Kadis Perikanan dan Ketahanan Pangan IB Mayun Suryawangsa dan Kepala Dinas Kominfos IB Alit Adhi Merta di sela-sela pelaksanaan kontes. 

Ditambahkannya Ikan Mas Koki Bali ini menjadi salah satu kekayaan khasanah fauna yang khas yang dimiliki masyarakat Bali. 

“Kekayaan ragam fauna yang unik dan khas inipun sudah didaftarkan Hak Kekayaan Intelektual karena memiliki nilai historis pada jaman kerajaan sebagai persembahan,” ujar Walikota Jaya Negara. 

Selain melaksanakan konten, komunitas Ikan Mas Koki Bali juga melaksanakan pameran selama 3 hari mulai pembukaan D’TIK Fest.Rangkaian acara "Senja di Denpasar" Tahun 2024 yang merupakan rangkaian acara DTIK Festival 2024 secara resmi ditutup di Panggung Utama Taman Kota Lumintang, Sabtu (23/3). 

Penutupan acara Senja di Denpasar dihadiri oleh Wakil Wali Kota Denpasar didampingi oleh Sekretaris Daerah Kota Denpasar serta undangan yang berasal dari Organisasi Perangkat Daerah di Kota Denpasar dan stakeholder pendukung acara Senja di Denpasar Tahun 2024.

Penutupan "Senja di Denpasar"  sebagai Rangkaian Event Kolaborasi bersama Dinas Koperasi dan UMKM Kota Denpasar Tahun 2024 diisi dengan Modern Dance dari anak - anak disabilitas serta menampilkan band yang digawangi juga oleh rekan - rekan disabilitas. Penyerahan bantuan sembako untuk tim tanggap bencana (Tagana) juga dilakukan dalam acara penutupan "Senja di Denpasar" 2024.

Penutupan ini juga dibarengi oleh penyerahan penghargaan untuk stakeholder pendukung acara DTIK Festival 2024 maupun Senja di Denpasar Tahun 2024. Selain itu, juga diumumkan juara lomba video layanan publik antar OPD se - Kota Denpasar serta penyerahan hadiah untuk lomba - lomba yang diadakan selama rangakaian acara DTIK Festival 2024.

Yessy Diana menjadi bintang tamu awal yang menghibur pengunjung penutupan Senja di Denpasar Tahun 2024. Yessy Diana membawakan beberapa buah lagu yang sangat menghibur pengunjung Senja di Denpasar. Di akhir acara penutupan, pengunjung Senja di Denpasar Tahun 2024 dihibur dengan duet suami - istri Tika Pagraky feat. Wira Krisna. Tika Pagraky membawakan beberapa buah lagu salah satunya lagu “Canggu - Karangasem” yang mampu menyihir para fans maupun pengunjung Senja di Denpasar Tahun 2024.

Editor: Robby

Reporter: Kominfo Denpasar



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritabali.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Bali.
Ikuti kami